Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kegiatan peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap keenam di Ibu Kota Nusantara (IKN) dilakukan pada 4-5 Juni 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Kementerian PUPR IKN Danis H. Sumadilaga saat dihubungi VOI, Senin, 3 Juni.

"Ya betul (groundbreaking IKN tahap keenam)," ujarnya.

Danis mengatakan, kegiatan groundbreaking tersebut akan difokuskan untuk sektor pendidikan. Seperti Al-Azhar, Universitas Gunadarma dan Bina Karya School.

"(Rencana groundbreaking) ada Astrabiz Center & Botanical Garden, Al-Azhar, Universitas Gunadarma, Bank BTN, Nusantara Sunhub, Bina Karya School, Arena Gourmet dan PLN Icon Plus," katanya.

Meski begitu, Danis belum mengungkapkan secara terperinci soal total nilai investasi dari groundbreaking tahap keenam tersebut.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan, total investasi yang masuk untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mencapai Rp49,6 triliun.

"IKN mencatat komitmen investasi yang terus meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan telah diselenggarakannya 5 kali groundbreaking. Total investasi yang dikantongi telah lebih dari Rp49,6 triliun," ujarnya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2024 di JCC Senayan Jakarta, Senin, 6 Mei.

Suharso mengatakan, investasi melalui lima kali groundbreaking tersebut sebagai tanda dimulainya pembangunan berbagai fasilitas di IKN yang didanai oleh non-APBN.

"Kami yakin pembangunan IKN sesuai dengan dengan rencana, sebagaimana diamanatkan oleh UU," tuturnya.