Bagikan:

JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono menyebut, peletakan batu pertama atau groundbreaking investasi tahap 8 akan berlanjut pada September mendatang.

Basuki menyebut, akan ada 8 investor yang mulai merealisasikan investasinya pada bulan depan.

"Bulan depan, mudah-mudahan ada 7 atau 8 (investor) lagi (groundbreaking di IKN). Akan terus bertambah nanti," ujar Basuki yang dikutip Kamis, 22 Agustus.

Saat dikonfirmasi, Basuki membocorkan perusahaan yang akan menggelar groundbreaking investasi itu bergerak di sektor pendidikan, hotel, properti hingga pusat olahraga atau sport center.

Akan tetapi, Basuki masih belum merinci terkait berapa proyeksi nilai investasi yang bakal tertanam pada seremoni groundbreaking tahap kedelapan tersebut.

"Sektornya pendidikan, hotel, properti, sport center. (Nilai investasinya) belum tahu," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, sudah ada puluhan proyek infrastruktur yang melakukan groundbreaking di IKN.

Adapun nilai investasinya mencapai Rp56,2 triliun hingga 12 Agustus 2024.

"Dan per hari ini perlu juga saya sampaikan bahwa di luar anggaran dari APBN, investasi yang masuk sudah Rp56,2 triliun dari 55 (proyek) yang sudah groundbreaking," katanya dalam pembukaan sidang kabinet paripurna, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 12 Agustus.

Jokowi merinci, mayoritas proyek investasi tersebut merupakan pembangunan kantor dan perbankan yang mencapai 14 proyek. Kemudian, sektor retail dan logistik mencapai 10 proyek.

Selanjutnya, sektor hunian dan area hijau ada 9 proyek, perhotelan 8 proyek, pendidikan 6 proyek, kesehatan 3 proyek, media dan teknologi 3 proyek serta terakhir ada sektor energi dan transportasi sebanyak 2 proyek.