Bagikan:

JAKARTA - Bank BCA disebut menjadi salah satu perusahaan swasta yang akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking kantor di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono.

Basuki mengatakan, sejumlah investor bakal terlibat dalam groundbreaking ketujuh IKN yang rencananya dilaksanakan akhir Juli ini. Ada lima calon investor yang siap menjadi peserta, salah satunya adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

"Kelihatannya ada (groundbreaking Juli), tapi tidak banyak. Maksimal ada lima (proyek), macam-macam sektornya. Tapi, salah satu yang akan groundbreaking adalah BCA," ujar Basuki di kantornya, Jumat, 12 Juli.

Merespons hal tersebut, Executive Vice President (EVP) Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F Haryn mengatakan, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Otorita IKN.

Dia menekankan, BCA akan terus berkomunikasi secara intens dengan pihak-pihak terkait.

"Terkait dengan rencana pembangunan kantor di IKN, saat ini kami masih terus berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk dengan otoritas terkait," ujar Hera kepada VOI, Senin, 15 Juli.

Sebagai perbankan nasional, Hera menyebut, pihaknya akan berkomitmen untuk menyediakan layanan keuangan yang berkualitas dan mudah dijangkau bagi seluruh nasabah, baik secara ekosistem online maupun offline.

Meski begitu, dia pun belum bisa memberikan kepastian tanggal untuk rencana groundbreaking kantor di IKN.

BCA per Maret 2024 memiliki 1.258 kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Jumlah kantor cabang BCA tersebut masih mencatatkan tren peningkatan dari Desember 2022 sebanyak 1.247.