Besok Jokowi Bakal Groundbreaking Sejumlah Proyek di IKN
Presiden Jokowi menikmati udara sejuk pagi di hari ketiga kunker ke IKN di Kaltim pada Jumat, 24 Februari 2023. (dok. BPMI Setpres-Laily R)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN) besok, Rabu 20 Desember.

Di IKN, kepala negara akan melakukan peletakkan batu pertama atau groundbreaking sejumlah proyek gaapan swasta hingga pemerintah.

"Besok pagi ada Groundbreaking dari beberapa swasta, dari lembaga, dan dari pemertintah," kata Presiden Jokowi sesuai meresmikan Jematan Otista di Kota Bogor, Selasa 19 Desember.

Menurut Jokowi, para stakeholder antusias untuk membangun untuk membangun fasilitas baik di zona bisnis, zona kesehatan maupun zona olahraga.

"Saya kira terus menuju ke IKN. Sudah banyak kita groundbreaking memberikan semangat kepada yang lain untuk segera memulai," lanjut Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Kepala Otoritas IKN Dhony Rahajoe mengatakan groundbreaking tahap ketiga proyek IKN bakal berlangsung pada minggu ketiga Desember 2023.

Menurut Donny sebanyak tujuh belas proyek yang akan groundbreaking di tapa ketiga proyek IKN. Nilai dari proyek itu ditaksir masuk ke pemerintah mencapai Rp10 triliun.

"Rencananya minggu ke-3 Desember 2023. Diusulkan dan sedang dimatangkan rencana pembangunan 17 proyek," ujarnya, kepada wartawan, Minggu 10 Oktober.

Adapun groundbreaking investor swasta lokal di IKN sudah berlangsung dalam 2 periode, yaitu tahap 1 pada September 2023, dan tahap 2 1-3 November 2023.

Dari kedua prosesi tersebut, nilai investasi yang sukses dikantongi pemerintah sekitar Rp 35 triliun. Dengan terdapatnya groundbreaking sesi 3 ini, total investasi yang masuk sepanjang 2023 diproyeksikan bakal mencapai Rp 45 triliun.