Groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel, Jokowi: Solusi bagi Tamu yang Berkunjung ke IKN
Presiden Jokowi meresmikan groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel di IKN. (Foto: Tangkapan Layar/YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peresmian peletakan batu pertama atau groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, pada hari ini.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, bahwa pada Agustus yang akan datang, upacara memperingati Proklamasi HUT Kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar di IKN.

"Pertanyaannya, tamu-tamunya nginap di mana?," tanya Jokowi seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 17 Januari.

Presiden pun menjawab, bahwa Balikpapan bisa menjadi solusi. Sebab, jalan tol sepanjang 47 kilometer (km) juga ditargetkan akan selesai Juli mendatang.

"Tapi, akan lebih benar kalau di Ibu Kota Nusantara sudah ada hotel-hotel yang telah selesai dibangun. Saya yakin, 1-2 hotel pasti akan selesai dibangun di Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi.

"Dan hotel yang dalam proses dibangun, baik bintang 4 maupun bintang 5 plus hotel Jambuluwuk dan resort ini sudah keenam," tambahnya.

Hari ini, kata Jokowi, groundbreaking pembangunan Jambuluwuk Nusantara Hotel kembali dilakukan. Ini merupakan hotel berbintang 5 yang berkonsep modern dan Indonesian Ethnic.

"Dengan investasi kurang lebih Rp300 miliar dan kapasitas sekitar 200 kamar. Ini akan menambah jumlah hotel yang beroperasi di IKN, menambah ketersediaan kamar hotel. Sehingga, tamu-tamu yang berkunjung ke IKN tidak kesulitan mendapatkan akomodasi," tuturnya.

Jokowi meyakini bahwa Jambuluwuk Nusantara Hotel juga akan memberikan kontribusi yang penting bagi pertumbuhan IKN dan juga daerah-daerah di sekitarnya.

Lebih lanjut, kata Jokowi, dengan perkembangan IKN seperti saat ini, yang mana setiap bulan ada groundbreaking pembangunan berbagai jenis infrastruktur, maka tidak ada alasan bagi investor untuk ragu-ragu berinvestasi di Ibu Kota Nusantara.

Terlebih, lanjut dia, pemerintah sudah memberikan berbagai insentif dan kemudahan berusaha bagi para investor untuk menanamkan modalnya di IKN.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel secara resmi saya nyatakan dimulai," imbuhnya.