Pembangunan Hotel Agung Sedayu di IKN Rampung Agustus, Bakal Ada 200 Kamar
IKN (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur tengah dikebut pembangunannya agar bisa rampung di Agustus 2024. Target ini sejalan dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan upacara 17 Agutus di IKN.

Chief Operating Officer Agung Sedayu Retail David Hilman mengatakan pembangunan Hotel Nusantara memang harus dikejar agar bisa rampung pada Agustus 2024.

Sekadar informasi, Agung Sedayu Group merupakan salah satu investor dalam pembangunan IKN Nusantara. Salah satu proyeknya adalah pembangunan Hotel Nusantara.

“Tepatnya beraa persen (progres pembangunanya) saya kurang tahu. Tapi yang pasti 17 Agustus tahun ini Pak Presiden akan ke sana. Jadi sudah harus selesai sebelum itu,” ujar David ditemui di The Langham Hotel, Jakarta, Rabu, 31 Januari.

Kata David, pada tahap pertama ini Hotel Nusantara tersebut akan memiliki 200 kamar. Artinya, 200 kamar ini akan tersedia pada 17 Agustus 2024 seiring dengan perpindahan ibu kota.

“Tahap pertama 200 kamar, itu sudah selesai (17 Agustus). Fase berikutnya kita belum tahu tapi saya kira IKN kan jalan terus tapi ada perkembangan lagi,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan proses pembangunan fasilitas hotel di Ibu Kota Nusantara (IKN) rampung sebelum peringatan HUT ke-79 RI pada Agustus 2024.

“Bulan Agustus yang akan datang kita akan melakukan upacara 17-an di IKN. Pertanyaannya tamu-tamunya nginep di mana?,” kata Presiden Jokowi saat berpidato dalam agenda 'Groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel' diikuti dalam daring Sekretariat Presiden, Jumat 17 Januari, disitat Antara.

Ia mengatakan kehadiran fasilitas hotel di IKN akan menambah alternatif akomodasi tamu yang hadir, selain hotel-hotel yang kini tersedia di Balikpapan.

“Bisa di Balikpapan, karena jalan tolnya sepanjang 47 kilometer, insya Allah di bulan Juli sudah selesai,” katanya.

Namun akan lebih baik lagi bila pembangunan sejumlah hotel di IKN selesai dibangun sebelum peringatan Hari Kemerdekaan RI, kata Jokowi menambahkan.

“Saya yakin satu, dua hotel akan sudah selesai dibangun di IKN dan hotel yang dalam proses dibangun, baik bintang 4 maupun bintang 5, plus hotel Jambuluwuk dan resort ini adalah yang keenam, ini sudah yang keenam,” katanya.