Bos Agus Sedayu Group Aguan Pastikan Hotel di IKN Bisa Dipakai untuk Rayakan HUT ke-79 RI
Bos properti Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan. (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bos properti Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan memastikan hotel yang dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur bisa dipakai pada Agustus 2024 mendatang.

Adapun target tersebut sejalan dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan melakukan upacara peringatan HUT ke-79 RI pada Agustus di IKN.

Lebih lanjut, Aguan mengatakan, pembangunan hotel akan terus digenjot untuk mencapai target tersebut.

“Sejauh mana (progres pembangunan di IKN)? Yang sekarang kita konsentrasi selesaikan hotelnya,” katanya ditemui di kawasan PIK 2, Tangerang, Banten, ditulis Rabu, 21 Februari.

“Jadi hotelnya mungkin kita on time di bulan Agustus kita bisa pakai. Itu yang penting dulu,” sambungnya.

Sekadar informasi, Agung Sedayu Group merupakan salah satu investor dalam pembangunan IKN Nusantara. Proyek yang digarap perusahaan ini salah satunya pembangunan Hotel Nusantara.

Tahap Pertama Selesai 200 Kamar

Sebelumnya diberitakan, Chief Operating Officer Agung Sedayu Retail David Hilman mengatakan pembangunan Hotel Nusantara memang harus dikejar agar bisa rampung pada Agustus 2024.

“Tepatnya beraa persen (progres pembangunanya) saya kurang tahu. Tapi yang pasti 17 Agustus tahun ini Pak Presiden akan ke sana. Jadi sudah harus selesai sebelum itu,” ujar David ditemui di The Langham Hotel, Jakarta, Rabu, 31 Januari.

Kata David, pada tahap pertama ini Hotel Nusantara tersebut akan memiliki 200 kamar. Artinya, 200 kamar ini akan tersedia pada 17 Agustus 2024 seiring dengan perpindahan ibu kota.

“Tahap pertama 200 kamar, itu sudah selesai (17 Agustus). Fase berikutnya kita belum tahu tapi saya kira IKN kan jalan terus tapi ada perkembangan lagi,” ucapnya.

Selesai Sebelum Peringatan HUT ke-79 RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan proses pembangunan fasilitas hotel di Ibu Kota Nusantara (IKN) rampung sebelum peringatan HUT ke-79 RI pada Agustus 2024.

“Bulan Agustus yang akan datang kita akan melakukan upacara 17-an di IKN. Pertanyaannya tamu-tamunya nginep di mana?,” kata Presiden Jokowi saat berpidato dalam agenda 'Groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel' diikuti dalam daring Sekretariat Presiden, Jumat 17 Januari, disitat Antara.

Jokowi mengatakan kehadiran fasilitas hotel di IKN akan menambah alternatif akomodasi tamu yang hadir, selain hotel-hotel yang kini tersedia di Balikpapan.

“Bisa di Balikpapan, karena jalan tolnya sepanjang 47 kilometer, Insya Allah di bulan Juli sudah selesai,” katanya.

Namun akan lebih baik lagi bila pembangunan sejumlah hotel di IKN selesai dibangun sebelum peringatan Hari Kemerdekaan RI, kata Jokowi menambahkan.

“Saya yakin satu, dua hotel akan sudah selesai dibangun di IKN dan hotel yang dalam proses dibangun, baik bintang 4 maupun bintang 5, plus hotel Jambuluwuk dan resort ini adalah yang keenam, ini sudah yang keenam,” katanya.

Terkait