Carlo Ancelotti Puji Debut Arda Guler: Dia Memiliki Semua untuk Bermain di Real Madrid
Carlo Ancelotti akhirnya memberi debut kepada Arda Guler (Instagram/@ardaguler).

Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid menurunkan pemain muda pada laga Copa del Rey melawan Arandina, Sabtu, 7 Januari 2024. Penampilan playmaker 18 tahun itu langsung mendapat pujian dari Manajer Carlo Ancelotti.

Laga itu menjadi debut Guler di ajang resmi bersama Los Blancos sejak didatangkan pada Juli 2023 dari Fenerbahce. Sayang, ia langsung mengalami cedera lutut kala itu dan harus menjalani operasi.

Debutnya tertunda di Real Madrid. Namun, sekembalinya dari cedera, dia langsung mencuri perhatian, terutama bagi Ancelotti.

Manajer asal Italia itu langsung memasang Guler sebagai starter selama 59 menit pada babak 32 besar Copa del Rey. Meski tak berkontribusi terhadap gol, dia turut berperan membawa Real Madrid menang 3-1 melalui gol Joselu, Brahim Diaz, dan Rodrygo.

"Dia tidak berada pada level terbaiknya secara fisik, tapi dia menunjukkan kualitasnya. Penting baginya untuk mulai bermain dengan tim."

"Kami harus bersabar menghadapinya. Dia menunjukkan kualitasnya di babak pertama. Yang penting dia kembali, meski dia harus meningkatkan fisik dan intensitasnya," kata Ancelotti kepada The Sun.

Lebih lanjut, Ancelotti menyebut Guler memiliki semua yang dibutuhkan untuk bermain di Real Madrid. Dia punya karakter kuat dan mampu menjalankan peran sebagai playmaker dengan baik.

Bahkan, pemain asal Turki itu punya atribut tendangan bebas apik. Dia berani mengambil inisiatif sepak bebas di depan Dani Ceballos yang lebih berpengalaman. Namun, sayang sepakannya masih membentur tiang.

"Ya, dia punya kepribadian dan karakter. Itu bagus. Dia menonjol dengan kualitasnya, tapi karakter adalah hal penting untuk tampil baik di Real Madrid," ujar Ancelotti.

Guler sejatinya sudah masuk dalam daftar susunan pemain Madrid saat melawan Rayo Vallecano pada 6 November 2023. Namun, dia tak juga mendapatkan debut sejak saat itu.

Pada dua laga berikutnya melawan Sporting Braga (Liga Champions) dan Mallorca (La Liga), dia juga masuk line-up, tapi tak dimainkan.

Ketika akhirnya mendapat kesempatan berdebut, Guler tak menyia-nyiakannya. Dia bahkan mendapat apresiasi dari rekan setim.

"Sebelum pertandingan saya mengatakan kepadanya untuk menikmatinya. Dia sudah lama absen. Ini pertama kalinya dia bermain bersama kami dan itu tidak mudah."

"Namun, dia adalah pemain muda yang kami jaga, yang punya banyak kualitas. Kami harus memaksimalkannya," tutur Joselu.

Sementara itu, Real Madrid sekarang akan bersiap untuk terbang ke Arab Saudi untuk melakoni laga Supercopa Spanyol atau Piala Super Spanyol. Mereka akan menghadapi Atletico Madrid di semifinal pada 10 Januari 2024.

Arda Guler punya kans lagi kembali merumput dalam Derbi Madrid dan membuat kejutan. Tentunya, pemain 18 tahun itu ingin mencari pembuktian bahwa dirinya pantas dihargai 20 juta euro saat didatangkan ke Santiago Bernabeu.

Los Blancos pun sedang berada di atas angin mengingat penampilan apik mereka sepanjang setengah musim La Liga 2023/2024. Apalagi, mereka sudah melewati badai cedera.

Kini, Madrid tinggal menunggu Thibaut Courtois dan Eder Militao pulih.

"Saya tidak tahu apakah kami favorit. Ini adalah kompetisi yang singkat, jadi kami hampir memenanginya. Namun, ini juga merupakan kompetisi yang singkat untuk Atletico, Barcelona, dan Osasuna."

"Courtois sudah melakukan beberapa latihan. Dia akan melakukan latihan ringan di lapangan. Pemulihannya berjalan dengan baik, begitu juga dengan Militao, tapi kami tidak terburu-buru," kata Ancelotti lagi.