Lolos 16 Besar Copa del Rey, Barcelona Kerja Keras Singkirkan Tim Divisi Empat
Striker Robert Lewandowski (tengah) merayakan gol yang menentukan kemenangan Barcelona atas Babastro di Copa del Rey. (X/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona harus bekerja keras menyingkirkan tim divisi empat Babastro di babak 32 besar Copa del Rey. Barca lolos ke babak 16 besar setelah menang tipis 3-2 atas lawannya dalam laga di Stadion Municipal de Deportes, Senin, 8 Januari dini hari WIB.

Babastro tak beda jauh dengan tim amatir. Mereka berkompetisi di Segunda Division RFEF atau kasta keempat di liga Spanyol.

Butuh usaha sangat keras dengan dukungan dana cukup besar bagi Babastro bila mencanangkan ambisi promosi dan berkompetisi di La Liga Spanyol. Dan, mereka butuh waktu bertahun-tahun demi menapaki kasta tertinggi.  

Hanya saja menghadapi lawan dengan kualitas jauh di bawah Barca, pelatih Xavi Hernandez tetap menurunkan skuat terbaik.

Meski demikian, Xavi juga menyelipkan bintang muda dari akademi La Masia. Bek Hector Fort yang memperkuat Spanyol U-17 berlaga di Piala Dunia U-17 223 yang digelar di Indonesia, kembali mendapat kesempatan dengan menjadi starter.

Namun koleganya Marc Guiu tidak masuk skuat dan Pau Cubarsi duduk di bench tetapi tidak dimainkan Xavi. Sebaliknya pemain anyar Vitor Roque kembali mendapat kesempatan bermain.

Pemain muda Brasil ini masuk di babak kedua menggantikan Raphinha. Hanya saja sampai dua laga pertamanya, Roque belum mencetak gol bagi Blaugrana.

Tampil dengan sebagian besar pemain pilar, Barca sepertinya tak kesulitan mengatasi perlawanan Barbastro. Apalagi, raksasa La Liga ini sepenuhya menguasai permainan.

Keyakinan bakal menang mudah terlihat saat gelandang Fermin Lopez mencetak gol pertama Barca di menit 18.

Namun setelah gol Fermin, Los Cules agak kesulitan menambah gol. Jadinya skor 1-0 untuk tim tamu tak berubah sampai 45 menit pertama.

Di babak kedua, Barca masih konsisten menekan pertahanan Babastro. Serangan mereka pun kembali membuahkan hasil saat Raphinha membobol gawang lawan di menit 51.

Namun situasi mulai menegangkan bagi Barca setelah tuan rumah memperkecil ketinggalannya di menit 60. Sundulan striker Adria De Mesa Garrido sukses menaklukkan kiper Inaki Pena yang mengubah skor menjadi 2-1.

Gol itu sepertinya memacu adrenalin pemain Babastro. Terbukti, bek Israel Garcia nyaris menyamakan kedudukan. Namun usahanya masih gagal.

Dirinya kembali mendapat peluang untuk mencetak gol. Namun usaha kedua Garcia juga tak memberi hasil. Tekanan dari tuan rumah sempat menggoyahkan permainan Barca.

Beruntung, saat memasuki bagian akhir pertandingan, Barca berhasil memantapkan keunggulan dari titik penalti. Striker Robert Lewandowski mengubah skor menjadi 3-1 setelah menuntaskan eksekusi penalti di menit 88.

Pertandingan kembali memanas menjelang peluit akhir berbunyi. Terutama setelah Babastro kembali memperkecil ketinggalan lewat penalti Marc Prat menit 90+3.

Sayangnya, gol telat Prat tak mampu menyelamatkan tuan rumah. Pertandingan yang tersisa beberapa menit lagi tak cukup membantu Babastro untuk mengejar ketinggalan. Skor akhir 3-2 untuk Barca yang membawa tim ke 16 besar.