Anthony Joshua Direncanakan Lawan Filip Hrgovic pada Maret 2024
Mantan juara kelas berat Anthony Joshua (Instagram/@anthonyjoshua).

Bagikan:

JAKARTA – Mantan juara dunia kelas berat dua kali, Anthony Joshua, kemungkinan besar kembali menjalani tiga pertarungan dalam satu tahun kalender 2024.

Promotor sang petinju, Eddie Hearn, mengatakan rencana pertarungan pertama dalam kalender tahun ini ialah Maret 2024 melawan jagoan Kroasia, Filip Hrgovic.

"Saya kira ia akan bertarung pada bulan Maret 2024. Lalu, saya kira ia akan bertarung pada Agustus 2024 dan September 2024."

"Jadi, entah itu tiga kali dalam satu tahun atau tiga kali dari Maret 2024 ke Maret (2025), seperti itu," kata Hearn kepada IFL TV.

Pada 2023, jagoan asal Inggris itu menjalani tiga pertarungan untuk pertama kalinya sejak tahun 2016. Semua duel tersebut berhasil ia menangi.

Tiga kemenangan itu merupakan comeback bagus setelah dua kekalahan beruntun melawan Oleksandr Usyk masing-masing pada 2021 dan 2022 yang membuatnya kehilangan gelar juara dunia.

Pertarungan pertama terjadi pada April 2023 melawan Jermaine Franklin. Lalu, dua bentrokan setelah itu melawan Robert Helenius dan Otto Wallin, masing-masing pada Agustus dan Desember 2023.

Duel Joshua vs Hrgovic terjadi setelah Usyk melawan Tyson Fury pada Februari 2024 untuk perebutan gelar juara dunia kelas berat tidak terbantahkan.

Pertarungan Usyk melawan Fury kemungkinan ada klausul duel ulang. Oleh karena itu, gelar IBF akan kosong setelah duel pertama sehingga Joshua akan naik ring melawan Hrgovic untuk merebut gelar itu.

Meski demikian, Hearn mengatakan tidak ada jaminan rencana tersebut bisa berjalan tepat waktu sampai Maret 2024. Ia menegaskan semuanya bisa berubah sewaktu-waktu.

"Banyak yang harus terjadi pada bulan Maret 2024 untuk memungkinkan hal itu terjadi dengan Hrgovic. Jelas, (Fury) dan Usyk akan bertarung pada pertengahan Februari 2024," katanya.

"Jika itu (Joshua vs Hrgovic) dimainkan pada bulan Maret 2024, itu jelas merupakan sebuah kemungkinan. Mungkin itu adalah laga yang, jika semuanya berjalan sesuai rencana, dapat menjadi laga musim panas."

"Seperti yang saya katakan, pembicaraan kami saat ini adalah tentang memetakan empat atau lima laga berikutnya bagi AJ pada 2024 dan kemungkinan besar di sepanjang kariernya," tutupnya.