Anthony Joshua Lawan Filip Hrgovic Bakal Terwujud Jika Usyk Lakukan Ini
Petinju asal Inggris, Anthony Joshua. (FOTO/IG @anthonyjoshua)

Bagikan:

JAKARTA - Petinju kelas berat Inggris Anthony Joshua bisa bertarung memperebutkan gelar juara dunia melawan Filip Hrgovic jika Oleksandr Usyk mengosokan sabuk juara IBF miliknya.

Anthony Joshua sebelumnya memegang gelar IBF, WBA, WBO dan IBO sebanyak dua kali sebelum kalah dari Usyk tahun lalu. Petarung 33 tahun tersebut kemudian gagal merebut kembali sabuknya dalam duel ulang melawan petinju Ukraina itu pada Agustus kemarin.

Pasca kekalahan itu, Joshua terus mencari lawan baru. Ia awalnya masuk dalam rencana melawan rekan senegaranya Tyson Fury pada 3 Desember mendatang,

Akan tetapi, mega tarung itu akhirnya batal karena Joshua tidak menandatangani kesepakatan hingga batas waktu yang diberikan Fury. Meski demikian, kini mulai muncul kabar kemungkinan yang menggembirakan untuk ambisi gelar Joshua.

Itu terjadi apabila Usyk jadi naik ring melawan Fury untuk memperebutkan sabuk WBA, WBC dan WBO. Untuk bisa duel dengan Fury maka Usyk harus menyerahkan sabuk juara IBF yang sekarang berada di tangannya.

Andai duel ini benar-benar digelar, IBF diprediksi akan mendesak Hrgovic untuk melawan Andy Ruiz untuk merebut gelar yang kosong tersebut. Namun, duel ini kemungkinan kecil terjadi karena Ruiz saat ini ngebet ingin tanding dengan Deontay Wilder.

Kalau pertarungan itu terjadi, Joshua akan dipanggil untuk menghadapi Hrgovic untuk merebut mahkota IBF. Namun, Ruiz dalam klaim terbarunya justru mengatakan Joshua juga ingin melawan dirinya untuk pertarungan trilogi mereka.

"Saya mencoba untuk mendapatkan gelar itu kembali. Saya baru saja berbicara dengan Anthony Joshua, dia mengatakan kepada saya bahwa dia ingin mewujudkan sesuatu. Dia ingin duel trilogi. Itu akan sangat keren," katanya Ruiz dilansir The Sun, Senin, 14 November.

Andy Ruiz dan Joshua dua kali bertemu pada tahun 2019 lalu. Joshua kalah TKO pada pertemuan pertama di Madison Square Garden, Amerika Serikat (1 Juni) sebelum membalas dengan kemenangan angka pada pertemuan kedua di Diriyah Arena enam bulan kemudian.