Permata Klub-Klub Eropa Berusia di Bawah 21 Tahun dan Harganya Sudah Selangit
Jude Bellingham menjadi pemain muda di bawah 21 tahun termahal (Instagram/@judebellingham).

Bagikan:

JAKARTA - Jude Bellingham menjadi pemain paling fenomenal pada 2023. Meski belum 21 tahun, penampilan apiknya bersama Real Madrid membuat harganya melambung tinggi.

Pemain asal Inggris itu bahkan sudah sejajar dengan Kylian Mbappe dan Erling Haaland sebagai pemain termahal di dunia dengan label harga 180 juta euro.

Peningkatan pesat dalam harga pasar Bellingham membuatnya memimpin daftar pemain U-21 yang harganya meroket pesat pada akhir 2023.

Setidaknya, Transfermarkt merilis ada 10 pemain U-21 dengan peningkatan tajam pada 2023. Naiknya harga mereka lantaran menjadi pilar penting klub masing-masing dan langsung menghiasi mayoritas starting line-up.

Pada masa-masa sebelumnya, situasi serupa juga terjadi ketika pemain-pemain muda menembus tim utama yang menaikkan harga pasar mereka.

Sebut saja nama beken Lionel Messi yang melakukan debut di Barcelona pada usia 17 tahun. Lalu, ada Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney yang menjadi starter tetap Manchester United saat usianya baru menginjak 18 tahun.

Messi dan Ronaldo masih menjadi pemain aktif. Kini tongkat estafet sebagai pemain muda fenomenal diteruskan bintang-bintang yang baru mentas.

Jude Bellingham (Real Madrid): Peningkatan 70 Juta Euro

Gelandang Inggris ini telah tampil cemerlang sejak pindah ke Real Madrid. Dia menjadi pemain paling berharga di dunia dalam update terbaru Transfermarkt.

Penilaian Bellingham meningkat sebesar 70 juta euro pada data terbaru akhir 2023, lebih banyak dari pemain mana pun di dunia.

Kebangkitan besar Bellingham terus berlanjut selepas kalender 2023 usai. Harganya diprediksi bakal terus meningkat jika dia konsisten dalam performa.

Evan Ferguson (Brighton & Hove Albion): Peningkatan 64 Juta Euro

Evan Ferguson muncul sebagai calon striker kelas dunia. Brighton menikmati tahun yang fantastis di bawah asuhan Roberto De Zerbi dan Ferguson adalah permata mereka.

Penilaian pemain berusia 19 tahun itu meningkat sebesar 64 juta euro, yang merupakan peningkatan terbesar kedua pada 2023.

Lamine Yamal (Barcelona): Peningkatan 60 Juta Euro

Lamine Yamal berada di belakang Bellingham dan Ferguson. Dia salah satu talenta luar biasa yang muncul pada tahun 2023.

Yamal bahkan tidak memiliki penilaian pasar pada awal tahun 2023, tetapi kemunculan pemain berusia 16 tahun itu di Barcelona berarti dia sekarang bernilai 60 juta euro.

Pemain sayap berbakat ini telah membuat 24 penampilan musim ini dan dia sudah mencatatkan empat caps untuk Spanyol.

Warren Zaire-Emery (PSG): Peningkatan 54 Juta Euro

Zaire-Emery adalah pemain terbaru yang berkembang melalui akademi muda PSG yang terkenal dan penilaiannya melonjak sebesar 54 juta euro pada 2023.

Gelandang terampil ini mendapatkan tempat sebagai starter reguler di bawah asuhan Luis Enrique. Dia juga mencetak gol dalam debutnya di Perancis dengan skor 14-0 saat menang melawan Gibraltar.

pemain u21
Pemain U-21 dengan harga meningkat pesat (dok. Transfermarkt).

Xavi Simons (RB Leipzig): Peningkatan 52 Juta Euro

Lulusan akademi PSG lain, Xavi Simons, tampil setelah menikmati tahun terobosannya. Simons telah dianggap sebagai prospek teratas selama bertahun-tahun, tetapi dia berhasil mewujudkan potensinya.

Pemain internasional Belanda itu bersinar di PSV. Dia mencetak 22 gol dan memberikan 12 assist pada musim 22/23.

Ketika bersinar di Belanda, PSG sudah mengaktifkan klausul pembelian kembali sebelum meminjamkannya ke RB Leipzig pada awal musim ini.

Rasmus Hojlund (Manchester United): Peningkatan 50 Juta Euro

Rasmus Hojlund memperoleh peningkatan nilai pasar besar-besaran dengan perpindahan pendapatan ke Liga Inggris.

Hojlund mencetak lima gol meski Manchester United tersingkir di babak grup Liga Champions 2023/2024. Namun, dia baru mencetak satu gol di Liga Inggris 2023/2024.

Jeremy Doku (Manchester City): Peningkatan 47 Juta Euro

Doku diakuisisi oleh Pep Guardiola dari Rennes seharga 60 juta euro. Penilaian barunya sebesar 64 juta euro yang melampaui biaya transfer merupakan hasil kenaikan sebesar 47 juta euro sepanjang kalender 2023.

Pemain internasional Belgia telah menggantikan Jack Grealish di sayap kiri setelah memberikan 10 kontribusi gol dalam 19 pertandingan untuk Manchester City.

Levi Colwill (Chelsea): Peningkatan 45 Juta Euro

Satu bintang muda lainnya yang bermain untuk Brighton & Hove Albion pada 2023 ialah Levi Colwill.

Colwill kembali ke Chelsea pada awal musim ini setelah menghabiskan musim lalu dengan status pinjaman di Brighton. Penilaiannya meningkat sebesar 45 juta euro setelah penampilan mengesankan untuk kedua klub.

Joao Neves (Benfica): Peningkatan 44,5 Juta Euro

Berada di urutan kesembilan dalam daftar ialah bintang muda Portugal, Joao Neves. Pemain berusia 19 tahun itu dihargai 500 ribu euro pada awal tahun 2023.

Namun, dia muncul sebagai salah satu gelandang muda paling dicari di Eropa setelah tampil cemerlang untuk Benfica.

Neves tampil memukau di Liga Champions 2023/2024 saat ia melakukan debut internasionalnya untuk Portugal. Dia telah menarik minat transfer dari kedua raksasa Manchester.

Eduardo Camavinga (Real Madrid): Peningkatan 40 Juta Euro

Eduardo Camavinga melengkapi sepuluh kenaikan terbesar setelah kenaikan valuasinya sebesar 40 juta euro. Pemain berusia 20 tahun ini ialah pemain paling berharga keenam di La Liga.

Dia juga merupakan pemain Perancis paling berharga kedua di belakang Kylian Mbappe. Bintang Real Madrid itu telah memikat hati Carlo Ancelotti sepanjang 2023. Dia menjadi pemain kunci bagi raksasa Spanyol tersebut meski sempat cedera.