Kalah Lawan West Ham di 'London Derby', Arsenal Gagal Kembali ke Puncak
Pemain West Ham United merayakan gol di laga melawan Arsenal. (X/@WestHam)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal lagi apes. Bermain di kandang sendiri di Stadion Emirates, Jumat, Desember dini hari WIB, Arsenal malah menelan kekalahan 2-0 lawan West Ham United dalam London Derby. Kekalahan itu menggagalkan upaya Arsenal kembali ke puncak klasemen.

Hasil mengecewakan Arsenal karena kehilangan poin justru saat melakoni laga kandang. Mereka gagal memanfaatkan peluang dalam duel sesama tim Kota London.

Ini untuk kali kedua, The Gunners tak mampu meraih poin penuh. Sebelumnya, Arsenal juga gagal menang meski sempat unggul tetapi kemudian bermain imbang 1-1 melawan Liverpool.

Hasil buruk itu menjadikan tim asuhan Mikel Arteta kehilangan kesempatan merebut kembali takhta klasemen. Dengan memiliki poin 40, klub London Utara itu tertinggal dua poin dari Liverpool yang bertengger di puncak.

Liverpool sendiri sukses merebut posisi teratas yang sebelumnya dikuasai Arsenal setelah mengalahkan Burnley 2-0. 

Sementara, West Ham berhasil naik satu strip dengan menggeser Manchester United. West Ham menduduki peringkat enam dengan poin 33. Unggul dua poin dari MU yang turun ke posisi tujuh.

Di laga itu, West Ham menunjukkan permainan terbaik. Arsenal mencoba menekan pertahanan rivalnya. Namun The Hammers juga memainkan sepak bola menyerang sehingga mendapat peluang bagus untuk mencetak gol.

Usaha West Ham ternyata memberi hasil positif setelah Tomas Saucek sukses menaklukkan kiper David Raya.

Gol berawal setelah Saucek mencetak gol dari jarak dekat. Wasit sempat meninjau insiden itu karena terjadi kemelut sebelum gol.

Namun wasit Michael Oliver kemudian mengesahkan gol Saucek. Skor 1-0 untuk West Ham bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Arsenal mencoba bangkit dengan menguasai permainan. Bahkan The Gunners melepaskan banyak tendangan ke gawang.

Hanya saja strategi bertahan yang diterapkan manajer David Moyes sukses membendung serangan tuan rumah.

Bahkan West Ham berhasil membobol gawang Raya untuk kali kedua. Gol tim tamu dicetak Kostantinos Mavropanos saat laga memasuki menit 55.

Kembali kebobolan membuat pemain Arsenal frustrasi. Apalagi, mereka sulit menembus pertahanan kokoh West Ham. Upaya Gabriel Jesus dkk selalu gagal.

Sebaliknya, West Ham sesungguhnya nyaris menambah gol saat mendapat hadiah penalti menjelang akhir pertandingan. Gara-garanya gelandang Declan Rice melakukan pelanggaran sehingga wasit menunjuk titik putih.

Hanya saja, eksekusi Said Benrahma gagal karena bisa diselamatkan Raya. Skor tetap 2-0 untuk West Ham dan bertahan sampai akhir laga.