Bagikan:

JAKARTA - Pada Rabu, 27 Desember,  The New York Times   menggugat OpenAI dan Microsoft. Perusahaan media itu menuduh keduanya menggunakan jutaan artikel surat kabar tersebut tanpa izin untuk melatih chatbot guna menyediakan informasi kepada pembaca.

The Times menyatakan bahwa ini merupakan tindakan hukum pertama oleh organisasi media besar di Amerika Serikat yang menggugat OpenAI, pencipta platform kecerdasan buatan populer ChatGPT, dan Microsoft, investor OpenAI dan pencipta platform kecerdasan buatan yang kini dikenal sebagai Copilot, terkait dengan isu hak cipta dari karyanya.

Gugatan tersebut, yang diajukan di pengadilan federal Manhattan, menuduh OpenAI dan Microsoft berusaha "menguntungkan diri dari investasi besar The Times dalam jurnalismenya" dengan menggunakan kontennya untuk memberikan cara alternatif dalam menyampaikan informasi kepada pembaca.

"Tidak ada yang 'transformasional' dalam menggunakan konten The Times tanpa pembayaran untuk membuat produk yang menggantikan The Times dan mencuri audiens darinya," kata The Times, seperti dikutip VOI dari Reuters.

OpenAI dan Microsoft berpendapat bahwa menggunakan karya yang dilindungi hak cipta untuk melatih produk kecerdasan buatan merupakan "penggunaan wajar," doktrin hukum yang mengatur penggunaan tidak berlisensi dari materi yang dilindungi hak cipta.

The Times tidak menyebut jumlah kerugian tertentu, tetapi memperkirakan kerugian dalam "miliaran dolar." Mereka juga ingin OpenAI dan Microsoft menghancurkan model chatbot dan set pelatihan yang mencakup materi mereka.

Percakapan untuk menghindari gugatan dan memungkinkan "pertukaran nilai saling menguntungkan" dengan para tergugat tidak berhasil, kata surat kabar yang berusia 172 tahun tersebut.

"Kami menghormati hak para pencipta dan pemilik konten," kata OpenAI dalam pernyataan tertulis. "Percakapan kami yang berkelanjutan dengan New York Times telah berjalan dengan produktif dan bergerak maju secara konstruktif, jadi kami kaget dan kecewa dengan perkembangan ini."

Sementara Microsoft tidak memberikan tanggapan terhadap permintaan komentar.

Perusahaan kecerdasan buatan menggunakan informasi online untuk melatih chatbot generatif AI, dan telah menarik investasi miliaran dolar. Investor bahkan telah menilai OpenAI lebih dari 80 miliar dolar AS (Rp1.235,5 triliun).

Meskipun induk OpenAI adalah organisasi nirlaba, Microsoft telah menginvestasikan 13 miliar dolar AS (Rp200,7 triliun) dalam anak perusahaan berorientasi keuntungan, untuk mendapatkan saham 49%.

Penulis seperti David Baldacci, Jonathan Franzen, John Grisham, dan Scott Turow juga telah menggugat OpenAI dan Microsoft di pengadilan federal Manhattan. Mereka, mengklaim bahwa sistem kecerdasan buatan mungkin telah mengambil alih puluhan ribu buku mereka.

Pada bulan Juli, pelawak Sarah Silverman dan penulis lain menggugat OpenAI dan Meta Platforms  di San Francisco karena telah "menyertakan" karya mereka, termasuk buku Silverman tahun 2010 berjudul "The Bedwetter." Sebagian besar kasus itu ditolak oleh hakim pada bulan November.

The Times mengajukan gugatan tersebut tujuh tahun setelah Mahkamah Agung AS menolak menghidupkan kembali tantangan terhadap perpustakaan digital Google yang berisi jutaan buku.

Sebuah pengadilan banding federal menyimpulkan bahwa perpustakaan tersebut, yang memberikan akses pembaca ke cuplikan teks, dianggap sebagai penggunaan wajar atas karya-karya penulis.

"OpenAI memberikan peluang kedua kepada industri hak cipta," kata Deven Desai, seorang profesor hukum bisnis dan etika di Georgia Institute of Technology.

"Hasil yang dihasilkan yang penting," kata Desai. "Bagian dari masalah dalam menilai tanggung jawab hukum OpenAI adalah bahwa perusahaan telah mengubah produk-produknya seiring munculnya isu hak cipta. Sebuah pengadilan bisa mengatakan hasilnya pada saat ini cukup untuk menemukan tanggung jawab hukum."

Chatbot telah memperparah perjuangan organisasi media besar dalam menarik dan mempertahankan pembaca, meskipun The Times telah lebih berhasil daripada kebanyakan media lainnya.

The Times berakhir September dengan 9,41 juta pelanggan digital-only, naik dari 8,59 juta tahun sebelumnya, sementara pelanggan cetak turun menjadi 670.000 dari 740.000.

Langganan menghasilkan lebih dari dua pertiga pendapatan The Times, sementara iklan menghasilkan sekitar 20% dari pendapatan.

Gugatan The Times mencatat beberapa contoh di mana chatbot OpenAI dan Microsoft memberikan pengguna kutipan hampir verbatim dari artikelnya.

Ini termasuk seri pemenang Pulitzer 2019 tentang pemberian pinjaman berbahaya di industri taksi New York City, dan ulasan kritis restoran oleh Pete Wells tahun 2012 tentang Guy Fieri yang kemudian viral.

The Times mengatakan pelanggaran seperti itu mengancam jurnalisme berkualitas tinggi dengan mengurangi kebutuhan pembaca untuk mengunjungi situs webnya, mengurangi lalu lintas, dan secara potensial  memotong pendapatan dari iklan dan langganan.

Mereka juga mengatakan chatbot tergugat membuat lebih sulit bagi pembaca untuk membedakan fakta dari fiksi, termasuk ketika teknologi mereka dengan salah mengatribusikan informasi ke surat kabar.

The Times mengatakan ChatGPT pernah  keliru mengatribusikan dua rekomendasi kursi kantor ke situs web ulasan produk Wirecutter miliknya.

"Dalam bahasa kecerdasan buatan, ini disebut 'halusinasi,'" kata The Times. "Dalam bahasa Inggris sederhana, ini adalah misinformasi."

Diane Brayton, penasihat hukum The Times, memberi tahu staf dalam memo internal bahwa surat kabar tersebut mengakui potensi kecerdasan buatan generatif untuk jurnalisme, tetapi "penggunaan karya kami untuk membuat alat GenAI harus disertai izin dan kesepakatan yang mencerminkan nilai wajar dari pekerjaan itu, sesuai yang diatur oleh hukum."