OpenAI Meminta Hakim Federal Menolak Sebagian Gugatan Hak Cipta New York Times
OpenAI saling gugat dengan New Yoek Times (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - OpenAI telah meminta seorang hakim federal untuk menolak sebagian dari gugatan hak cipta yang diajukan oleh New York Times. Mereka berargumen bahwa surat kabar tersebut "meng-hack" chatbot ChatGPT dan sistem kecerdasan buatan lainnya untuk menghasilkan bukti yang menyesatkan untuk kasus tersebut.

Dalam sebuah pengajuan di pengadilan federal Manhattan pada Senin, 26 Februari, OpenAI menyatakan bahwa Times menyebabkan teknologi tersebut memproduksi materi miliknya melalui "pemintaan yang menyesatkan yang dengan jelas melanggar ketentuan penggunaan OpenAI."

"Pernyataan dalam gugatan Times tidak memenuhi standar jurnalistiknya yang terkenal ketat," kata OpenAI. "Kebenaran, yang akan terungkap dalam proses kasus ini, adalah bahwa Times membayar seseorang untuk meretas produk-produk OpenAI."

OpenAI tidak menyebutkan "penyewa senjata" yang dikatakan Times digunakan untuk memanipulasi sistemnya dan tidak menuduh surat kabar tersebut melanggar hukum anti-pembobolan.

"Apa yang OpenAI salah gambarkan sebagai 'peretasan' hanyalah menggunakan produk-produk OpenAI untuk mencari bukti bahwa mereka mencuri dan mereproduksi karya berhak cipta The Times," kata pengacara surat kabar tersebut, Ian Crosby, dalam sebuah pernyataan pada Selasa, 27 Februari.

Perwakilan OpenAI tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai gugatan tersebut.

Times menggugat OpenAI dan penyumbang keuangan terbesarnya, Microsoft, pada Desember 2023, serta menuduh mereka menggunakan jutaan artikelnya tanpa izin untuk melatih chatbot agar memberikan informasi kepada pengguna.

Times termasuk di antara beberapa pemilik hak cipta yang telah menggugat perusahaan teknologi atas dugaan penyalahgunaan karya mereka dalam pelatihan AI, termasuk kelompok penulis, seniman visual, dan penerbit musik.

Perusahaan teknologi telah mengatakan bahwa sistem AI mereka menggunakan bahan berhak cipta dengan adil dan bahwa gugatan tersebut mengancam pertumbuhan industri potensial senilai triliunan dolar.

Hingga saat ini, pengadilan belum menangani pertanyaan kunci apakah pelatihan AI memenuhi syarat sebagai penggunaan yang adil menurut hukum hak cipta. Sejauh ini, para hakim telah menolak beberapa klaim pelanggaran hak cipta atas hasil sistem AI generatif berdasarkan kurangnya bukti bahwa konten yang dibuat oleh AI menyerupai karya berhak cipta.

Gugatan New York Times mengutip beberapa contoh di mana chatbot OpenAI dan Microsoft memberikan pengguna kutipan hampir verbatim dari artikel-artikelnya ketika diminta. Gugatan tersebut menuduh OpenAI dan Microsoft mencoba "menumpang di investasi besar Times dalam jurnalismenya" dan membuat pengganti untuk surat kabar tersebut.

OpenAI mengatakan dalam pengajuannya bahwa dibutuhkan "puluhan ribu percobaan bagi Times untuk menghasilkan hasil yang sangat aneh."

"Dalam keadaan normal, seseorang tidak dapat menggunakan ChatGPT untuk menyajikan artikel Times kapan saja," kata OpenAI.

Gugatan OpenAI juga mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan AI lainnya pada akhirnya akan memenangkan kasus mereka berdasarkan pertanyaan penggunaan yang adil.

"Times tidak dapat mencegah model AI untuk memperoleh pengetahuan tentang fakta, lebih dari organisasi berita lainnya dapat mencegah Times itu sendiri untuk melaporkan kembali cerita-cerita yang tidak memiliki peran dalam penyelidikan," kata OpenAI.