Bawa Tema Zamrud Khatulistiwa, Ponsel China ini Luncurkan V30 Series
Peluncuran vivo V30 series (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

 

JAKARTA — Vivo, perusahaan teknologi asal Cina, meluncurkan ponsel terbaru mereka di kelas mid-range. Dua model yang mereka luncurkan adalah Vivo V30 dan V30 Pro.

Mengadopsi tema Zamrud Khatulistiwa, Vivo V30 series menghadirkan tiga pilihan warna, yaitu hijau khatulistiwa, putih puspa, dan hitam vulkanik. Ketiga warna ini dipilih untuk menggambarkan keindahan alam Indonesia.

Seri V30 merupakan ponsel pintar tertipis di kelas mid-range dengan ukuran 7,45 milimeter. Meski tipis, kedua memiliki baterai 5.000mAh dengan kepastian battery health hingga 4 tahun. Artinya, battery health dari kedua model ini tidak akan turun dari 80 persen.

Kedua perangkat ini menggunakan tough body armor, desain tahan banting berkekuatan tinggi untuk mengurangi kerusakan saat terjatuh dan terbentur. Perangkat ini juga memiliki IP54 dan sistem water wet display.

V30 dan V30 Pro memiliki fitur yang sama pada kameranya. Keduanya memiliki fitur Aura Light Potrait terbaru, Aura Light Food Mode, Aura Light Potrait Video dan Ultra Stable Video, Color Adaptive Mode, serta kamera depan dan belakang dengan 50-MP Wide Angle.

Meski fiturnya sama, V30 Pro jauh lebih unggul karena ponsel produksi China ini menjalin kerja sama dengan ZEISS, produsen lensa optik asal Jerman. Perangkat ini memiliki fitur ZEISS Natural Color, ZEISS Style Potrait, dan ZEISS Border Watermark.

Dari segi kameranya, V30 Pro memiliki triple main camera dengan software ZEISS. Ketiganya terdiri dari Profesional Potrait Camera, AF Super Wide-Angle, dan VCS True Color Main Camera dengan dukungan pixel yang sama, yaitu 50MP.

Komponen lainnya yang tak kalah penting adalah tampilan display-nya. V30 series memiliki local peak brightness sebesar 2800 nits, maximum brightness 1200 nits, refresh rate 120hz, ultra high-resolution 1,5K, dan 452 PPI.

Kedua perangkat akan mendapatkan pembaruan sistem yang sama meskipun prosesor yang digunakan berbeda. V30 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 dan V30 Pro menggunakan MediaTek Dimensity 8200. Keduanya berfabrikasi 4nm. 

Vivo V30 merupakan pesaing yang tangguh dari POCO F6 yang menggunakan chipset Snapdragon 7 Gen 2, sedangkan model V30 Pro cocok dibandingkan dengan Xiaomi 13T yang diluncurkan pada akhir tahun lalu dengan chipset Dimensity 8200 Ultra.