Pengaturan Google Search Dipindahkan ke Profil Akun
 Pengaturan Google Search telah diperbarui (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA — Google telah meluncurkan desain terbaru untuk mesin telusurnya di situs web. Pada tampilan terbaru, pengaturan Google Search telah dipindahkan ke bagian menu akun.

Dengan dilakukannya pembaruan ini, pengguna tidak bisa menemukan Pengaturan di panel navigasi. Satu-satunya cara untuk mengakses Pengaturan adalah dengan mengeklik tampilan profil di sudut kanan atas layar atau tepat di samping logo Google.

Saat profil akun diklik, pengguna akan melihat bagian Selengkapnya dari Google Penelusuran. Bagian ini terdiri dari menu Riwayat Penelusuran, Hapus 15 Menit Terakhir, Minat, filter SafeSearch, Bahasa, dan Pengaturan Lainnya.

Riwayat Penelusuran menawarkan sistem penghapusan riwayat dengan cara yang cepat. Pengguna bisa memilih untuk menghapus riwayat hari ini, riwayat dengan rentang khusus, menghapus semua riwayat, atau menonaktifkan hapus riwayat.

Sementara itu, menu Minat atau Interest akan memperlihatkan seluruh artikel yang pernah disukai, topik atau pencarian yang diikuti, dan akses ke lokasi Tersimpan. Tampilan ini jauh lebih baik di desktop dibandingkan dengan situs web di Android.

Fitur SafeSearch, yang ditempatkan di bawah fitur Minat, bisa mengelola konten yang ingin dibatasi. Fitur ini bisa mengaktifkan atau menonaktifkan filter pada gambar, teks, dan link yang vulgar atau berkaitan dengan konten seksual eksplisit.

Terakhir, pada Pengaturan Tambahan, pengguna akan melihat deretan pengaturan yang terdiri dari Aktivitas Penelusuran, Kontrol untuk Konten, serta opsi lainnya yang berkaitan dengan akun Google dan Kontrol Orang Tua.

Pembaruan ini sudah diluncurkan kepada publik, baik di situs web desktop maupun ponsel. Tampilan Pengaturan di ponsel akan memenuhi layar, sementara tampilan Pengaturan di desktop akan berukuran kecil dan mengambang di sudut layar.