Mikel Arteta Targetkan Arsenal Menang Lawan Brighton
Arsenal membidik kemenangan lawan Brighton and Hove Albion (X/@arsenal).

Bagikan:

JAKARTA - Rekor manajer tim Liga Inggris yang dipecat di tengah kompetisi memang ngeri-ngeri sedap. Manajer Arsenal, Mikel Arteta, pun terkejut dengan rekor pemecatan itu.

Buntutnya, dia pun siap menuntaskan dendam saat lawan Brighton and Hove Albion di Stadion Emirates, Minggu, 17 Desember 2023, malam WIB.

Arteta mengungkapkan tekanan berat membebani manajer di Liga Inggris. Apa pun yang dikerjakan, hasil akhir menjadi ukuran.

Bila tim mengalami kekalahan terus-menerus maka manajer sudah harus ancang-ancang diberhentikan klub.

Musim lalu tak sedikit manajer yang meletakkan jabatan karena tim asuhannya gagal memenuhi ekspetasi.

Bahkan Arteta tak menyangka dan agak terkejut saat manajer yang diberhentikan lebih dari separuh atau 14 orang.

"Perlu saya jelaskan bagaimana perasaan kami sebagai manajer. Kami menghadapi tekanan berat. Di sisi lain, betapa penting detail dari pekerjaan kami," kata Arteta.

"Musim lalu, realitanya ada 14 manajer yang kehilangan pekerjaan. Ini sungguh di luar perkiraan. Pekerjaan kami tergantung pada hasil. Itulah kenyataannya," ucap dia.

Arteta pantas waswas setelah Arsenal kehilangan takhta klasemen. Liverpool merebut posisi puncak setelah menang 2-1 atas Crystal Palace. Sementara, Arsenal menelan kekalahan 0-1 dari Aston Villa sehingga lengser ke peringkat dua.

Kini, Arteta berharap tim bangkit dari keterpurukan dan membidik kemenangan saat menjamu Brighton.

Meski menghadapi lawan yang di atas kertas gampang, Arsenal tetap menaruh waspada. Brighton sering menyulitkan tim-tim besar.

Pada musim lalu, The Seagulls membuat Arsenal berduka. Bermain di Emirates, Arsenal malah takluk 0-3. Kekalahan itu yang menjadikan The Gunners gagal meraih titel liga.

"Kami akan melakukan yang terbaik melawan Brighton. Kami suka kemenangan dan akan melakukan apa saja agar bisa menang."

"Kami menunjukkan saat melawan Aston Villa. Menurut saya, kami tim yang bermain lebih baik dan seharusnya memenangi pertandingan," ucapnya.

"Brighton tim yang menjadikan hidup ini kian sulit. Mereka tim yang bagus," kata Arteta lagi.

Arteta optimistis meraih kemenangan dengan kembalinya striker Gabriel Martinelli. Pada laga melawan Villa, dirinya hanya bermain selama 69 menit sebelum digantikan.

Martinelli bahkan absen saat Arsenal bermain imbang 1-1 melawan PSV Eindhoven di Liga Champions 2023/2024. Namun, dirinya bakal diturunkan melawan Brighton.

"Dia dalam kondisi terbaik. Jadi, dia akan dimainkan," kata Arteta.