5 Tahun Sejak Debut, Stevan Pasaribu Lempar Album Pertama
Stevan Pasaribu rilis album perdana (dok. Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Debut sejak 2018 di industri musik nasional, Stevan Pasaribu hanya merilis single selama lima tahun. Total sepuluh lagu sudah dihasilkan, baik solo maupun berkolaborasi dengan penyanyi lain.

Sebelum menuju tahun keenam, Stevan Pasaribu akhirnya mengakhiri penantian akan sebuah album perdana dengan tajuk Harapan yang dirilis pada Rabu, 13 Desember.

Stevan menjelaskan album perdananya hadir lewat inspirasi atas keresahan, kegalauan dan perasaan cinta yang tak dapat diungkapkan.

“Inspirasinnya datang dari keresahan hati kita, kegalauan dan cinta yang nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Pada akhirnya aku ungkapkan lewat album Harapan ini,” kata Stevan Pasaribu dalam keterangannya, Jumat, 15 Desember.

Adapun, Harapan berisi sembilan lagu, yang mana berasal dari lagu baru dan lagu yang sebelumnya pernah dirilis. Dalam proses produksi, Stevan dibantu beberapa produser, seperti Iwan Simanjuntak, Ivan Dewanto, Dimas Wibisana dan Dennis Nussy.

“Mulanya aku emang pengin banget merilis album. Nah, kebetulan aku udah punya beberapa lagu yang sudah rilis. Akhirnya cita-citaku terkabul dengan menjadikan ini semua menjadi sebuah album. Makna album ini sama seperti judulnya, yaitu Harapan, karena aku ingin album Ini menjadi harapan bagi semua orang,” katanya.

Melalui beberapa rintangan dalam perjalanan membuat album, Stevan ingin Harapan mewakili perasaan banyak orang.

“Aku pengen banget album ini bisa mewakili hati kalian, dan merasakan atmosfer perjalanan hati yang jujur. Pesannya jangan pemah berhenti berharap, karena menurutku orang yang nggak punya harapan sama aja dengan orang mati,” ujar Stevan.

Dari sembilan karya yang dihadirkan, Ku Tak Mampu Lagu menjadi lagu utama. Stevan menyebut lagu tersebut dibuat berdasarkan kisah pribadinya.

“Ku Tak Mampu Lagi bertemakan toxic relationship, dimana aku udah nggak bisa bertahan lagi dengan hubungan yang nggak sehat, dan sudah menyerah dengan pasangan. Aku Menjadikan lagu Ini menjadi opening dalam album ini, karena ini adalah pengalaman cinta yang tersakit yang pernah kualami, dan aku merasa kalau sakitnya dari hati pasti sampai ke hati pendengar juga,” tutur Stevan Pasaribu.

Berikut daftar lagu dari album perdana Stevan Pasaribu, Harapan:

1. Bukan Milikku Lagi

2. Kaji Ulang

3. Cinta dan Luka

4. Ku Tak Mampu Lagi

5. Dirimu Hanya Dirimu

6. Cinta T'lah Terlambat

7. Hatiku di Kakimu

8. Belum Siap Kehilangan

9. Tak Pernah Cukup