Manchester United Berencana Mengurangi Jumlah Skuad pada Bursa Januari
Jadon Sancho masuk dalam daftar lepas Manchester United pada bursa transfer Januari 2024 (Instagram/@jadoonsancho7).

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United berencana cuci gudang pada bursa transfer Januari 2024. Manajer Setan Merah, Erik ten Hag, mengungkapkan niatnya mengurangi jumlah skuad.

Keputusan pelatih asal Belanda itu didasari dari kegagalan Man United di turnamen Eropa. Red Devils tak lolos ke fase gugur Liga Champions 2023/2024.

Mereka hanya menjadi juru kunci Grup A dengan empat poin dari satu kemenangan, satu seri, dan empat kekalahan.

Posisi itu sekaligus menendang Manchester United untuk berkesempatan tampil di Liga Europa 2023/2024.

Praktis, Manchester United tinggal menyisakan Liga Inggris 2023/2024 dan Piala FA selepas pergantian tahun. Tak heran, Ten Hag ingin cuci gudang.

Menurut ESPN, Jadon Sancho diperkirakan akan pergi setelah tidak tampil sejak Agustus 2023 menyusul perselisihan dengan Ten Hag.

Pada pekan lalu, pelatih asal Belanda itu menyatakan bahwa masih ada jalan kembali bagi Sancho di Old Trafford jika dia meminta maaf. Namun, kemungkinan besar penyerang Inggris itu akan pergi pada Januari 2024 jika tawaran yang sesuai diterima.

Gelandang Donny van de Beek juga menjadi daftar lepas pada bursa transfer terdekat setelah hanya bermain dua kali musim ini. Setan Merah terbuka untuk tawaran pinjaman meski mengutamakan kesepakatan permanen.

Sejauh ini, Van de Beek diminati sejumlah klub dari Spanyol dan Jerman.

Selain itu, ada nama Sergio Reguilon yang bisa dilepas awal tahun depan. Tottenham Hotspur tengah serius mempermanenkan pemain asal Spanyol itu.

Sebagaimana diketahui, Reguilon menjalani masa pinjaman di Spurs. Dia memiliki klausul pemutusan kontrak yang memungkinkannya bisa permanen bersama Lilywhites pada Januari 2024.

Hanya saja, Manchester United tak ingin gegabah terkait Reguilon. Mereka masih butuh pelapis untuk Luke Shaw yang tengah cedera hamstring.

Sebetulnya, Man United masih punya Tyrell Malacia. Namun, pemain Belanda itu mengalami kemunduran performa dan masih pemulihan cedera lutut yang diperkirakan baru berakhir pada tahun baru.

Sementara itu, pos penyerang tak lepas dari sektor yang akan dirombak. Red Devils membuka potensi melepas Anthony Martial yang kontraknya akan habis pada musim panas atau tengah tahun 2024.

Terakhir, ada nama Raphael Varane dan Casemiro. Kedua eks Real Madrid ini diprediksi akan meninggalakan Old Trafford secepat-cepatnya pada Januari 2024 atau paling lambat akhir musim ini.

Varane sudah mengisyaratkan kepergiannya meski mendapat peran starter pertama kali musim ini ketika Man United menghadapi Bayern Munchen di Liga Champions.

Namun, membaiknya penampilan Harry Maguire dan Victor Lindelof membuat pemain asal Perancis itu tak nyaman.

Selain soal berkurangnya kebutuhan, Manchester United perlu mengurangi jumlah skuad terkait financial fair play. Melepas sejumlah pemain pada Januari 2024 akan meringankan beban sekaligus memberi kelonggaran kepada mereka pada jendela transfer akhir musim.

Terlepas dari itu, Man United ingin membuka ruang kepada pemain muda, seperti Hannibal Mejbri, Amad Diallo, Facundo Pellistri untuk masuk tim utama.