Bagikan:

JAKARTA - Kabar buruk menerpa Timnas Indonesia menjelang Piala Asia 2023. Ernando Ari Sutaryadi yang biasa berjaga di bawah mistar gawang mengalami cedera.

Ernando mengalami cedera ketika tampil membela timnya, Persebaya Surabaya, pada Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu, 13 Desember 2023. Saat berjaga di bawah mistar gawang, Ernando bertabrakan dengan pemain Persis Solo.

Karena insiden itu, Ernando bahkan harus keluar pada menit ke-73 untuk mendapatkan perawan. Bahkan diketahui sang penjaga gawang sempat kesulitan berjalan seusai kejadian itu.

“Ernando tadi engkelnya sakit, tidak bisa melanjutkan pertandingan,” ucap caretaker Persebaya, Uston Nawawi selepas laga.

Hingga kini, belum ada konfirmasi lanjutan soal kondisi cedera Ernando, Namun, ada kemungkinan bahwa sang kiper bakal absen membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 demi menjalani pemulihan.

Andai Ernando benar-benar tak memungkinkan untuk tampil bersama skuad, Shin Tae-yong masih punya opsi untuk memanggil penjaga gawang lain. Berikut penjaga gawang yang bisa jadi alternatif di Timnas Indonesia.

Nadeo Argawinata

Penjaga gawang yang berseragam Borneo FC ini bisa jadi kandidat utama di Piala Asia 2023. Di level klub, ia tampil stabil dengan mencatat sembilan nirbobol dan hanya kebobolan 16 kali dari 22 laga di Liga 1 2023/2024.

Selain itu, di level Timnas Indonesia, penampilannya juga tak mengecewakan. Kerap bergantian dengan Ernando Ari, Nadeo tercatat sudah 24 kali membantu berjaga di bawah mistar gawang Tim Garuda.

Syahrul Trisna

Bersama Persikabo 1973, karier Syahrul Trisna terbilang tak terlalu mencolok. Pasalnya, dari sembilan laga yang dimainkan di Liga 1 2023/2024, Syahrul sudah kebobolan 19 kali dan baru sekali clean-sheet.

Mesi bukan pilihan utama, Syahrul Trisna hampir selalu mendapat panggilan untuk membela Timnas Indonesia.

Ia tercatat sudah tampil dalam tujuh laga bersama Timnas Indonesia. Syahrul Trisna baru satu kali tanpa kebobolan.

Muhammad Riyandi

Penjaga gawang 23 tahun ini telah sembuh dan bangkit dari cedera yang dialami. Muhammad Riyandi bahkan mulai bermain secara reguler bersama Persis Solo di Liga 1 2023/2024. Dari 10 laga yang dimainkan, Riyandi tercatat telah membuat 42 kali penyelamatan.

Secara pengalaman, Riyandi bisa dibilang cukup matang. Dia sudah bermain untuk Timnas Indonesia sejak Juni 2021. Pada level klub, Riyandi sudah bermain di tim senior sejak 2016.