Gagal di Liga Champions, Pioli: Milan Bakal Lakukan Segalanya untuk Gelar Liga Europa
AC Milan ingin tampil lebih baik di Liga Europa (Instagram/@acmilan).

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan gagal meneruskan langkahnya di Liga Champions 2023/2024 usai finis di urutan ketiga Grup F.

Situasi itu membuat mereka terlempar ke Liga Europa yang justru ditatap dengan ambisius oleh sang pelatih, Stefano Pioli.

AC Milan sejatinya menuai kemenangan saat menghadapi Newcastle United pada matchday keenam Grup F Liga Champion 2023/2024. Dalam pertandingan di Stadion St James Park, Kamis, 14 Desember 2023, dini hari WIB, Rossoneri menang 2-1.

Namun, hasil itu tak cukup membawa Milan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Theo Hernandez dan kolega hanya bisa finis di bawah zona aman. Situasi ini membuat perasaan yang campur aduk bagi sang pelatih.

“Campur aduk perasaan ini. Tentu saja tersingkir dari Liga Champions adalah hal yang mengecewakan. Terutama jika mengingat betapa bagusnya kami melakukannya pada musim lalu,” kata Stefano Pioli kepada dikutip Football Italia, Kamis, 14 Desember 2023.

Jika melihat perjalanan Milan musim lalu, mereka memang berhasil melaju ke Liga Champions hingga babak semifinal. Namun, tahun ini mereka terhenti di babak penyisihan.

Langkah mereka yang terasa sulit tak lepas dari kenyataan bahwa Milan ada di grup neraka. Pada Grup F mereka harus bersaing dengan Newcastle, Borussia Dortmund, dan Paris Saint-Germain.

Atas hasil yang tak memuaskan ini, Pioli sempat menyesali pertandingan sebelumnya yang tak dilalui dengan efisien.

Apalagi jika melihat raihan poin, mereka punya jumlah yang sama, yaitu delapan poin dengan PSG yang unggul head-to-head.

Kenyataannya Milan harus puas berada di urutan ketiga dan otomatis membuat mereka kini terbuang ke Liga Europa. Meski pahit, Pioli tetap menanggapi dengan positif.

Pelatih berkepala plontos itu bahkan berambisi menjalani Liga Europa sebaik yang timnya bisa. Hal itu tak lepas dari keinginan untuk menang di turnamen itu.

“Itu berarti kami akan melakukan segala yang kami bisa lakukan untuk memenangi Liga Europa,” ujar Pioli menambahkan.

Setelah melewati hari yang sulit karena terlempar dari Liga Champions, Rossoneri harus tetap kembali fokus.

Pasalnya, mereka dinanti laga terdekat di Serie A 2023/2024. Milan akan menjamu AC Monza pada pekan ke-16 di Stadion San Siro, Minggu, 17 Desember 2023, pukul 18.30 WIB.