Bagikan:

JAKARTA - AC Milan tak lagi diperhitungkan dalam perburuan Scudetto meski masih menduduki peringkat tiga klasemen Serie A Italia. Kekalahan 3-2 saat lawan Atalanta menjadi alasan Milan sulit menyaingi Inter Milan dan Juventus.

Kini, Milan sudah langsung fokus melakoni laga tandang melawan Newcastle di Liga Champions. Peluang Milan lolos ke 16 besar pun tak mudah karena saat ini menduduki dasar klasemen.

Di luar persoalan Milan di Liga Champions, mereka memang mulai sulit menembus posisi kedua atau bahkan peringkat pertama.

Persaingan di kompetisi Serie A mulai mengerucut pada dua pesaing, Inter dan Juve. Kekalahan dari Atalanta dalam laga di Stadion Gewiss, Minggu, 10 Desember dini hari WIB, menjadikan Milan harus berlari lebih cepat untuk mengejar ketinggalan poin.

Meski masih bertahan di tiga besar, namun Milan yang memiliki 29 poin sudah terpaut sembilan poin dari Inter. Sedangkan Juve yang berada di posisi kedua memiliki poin 36.

Menurut Il Corriere dello Sport Milan sudah sulit bersaing dengan dua rivalnya. Terutama bila pelatih Stefano Pioli masih mempertahankan gaya bermain yang terbukti gagal untuk bersaing di Serie A.

Selain itu, Pioli disarankan bersikap praktis mengingat banyak pemain Milan yang absen karena cedera. Ini menyulitkan Pioli menurunkan skuat terbaik.

Kekalahan dari Atalanta membuat Milan harus bekerja ekstrakeras untuk bangkit. Apalagi tim sudah langsung fokus di Liga Champions.

Mereka melakoni laga terakhir penyisihan grup melawan Newcastle di Stadion St James' Park, Kamis, 14 Desember dini hari WIB.

Milan yang menduduki dasar klasemen harus memenangkan laga tersebut bila ingin lolos ke 16 besar.

Persoalannya, Newcastle dan Paris Saint-Germain juga ingin lolos. Terutama PSG yang menduduki peringkat dua dengan poin tujuh paling berpeluang lolos mendampingi Borussia Dortmund.

"Lolos atau tidak sama sekali. Bila menang paling tidak kami sudah mendapat jaminan berlaga di Liga Europa," ujar bek Alessandro Florenzi menanggapi persaingan di Liga Champions.

"Kompetisi ini juga tidak kalah penting. Kami pun ingin Milan bermain di Liga Europa," kata Florenzi yang membantah analisis media di Italia soal peluang Milan meraih Scudetto.

Menurut dia kompetisi domestik masih lama. Apa pun masih bisa terjadi karena banyak pertandingan liga yang harus dituntaskan.

"Saya tak ingin melihat klasemen sampai Maret. Bila sudah memasuki Maret atau April, barulah kita bisa tahu di mana posisi kami," ujarnya.

Yang jelas, kami tetap fokus di Serie A dan kompetisi Eropa," jawab Florenzi memungkasi.