Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada beberapa jenis stik biliar yang perlu dipahami oleh para pemain olahraga bola sodok ini. Setiap jenis stik biliar dirancang untuk gaya permainan berbeda-beda. Ada stik yang dipakai untuk break atau menghancurkan bola awal, jump shot, hingga stik bantu. Oleh karena itu, penggunaan stik harus disesuaikan dengan kebutuhan pukulannya. 

Stik merupakan alat utama dalam olahraga biliar karena dipakai untuk menyodok bola. Itulah mengapa setiap pemain biliar harus mengetahui jenis-jenis stik dan kegunaannya masing-masing dalam memukul bola. Lantas apa saja jenis-jenis stik biliar dan bagaimana perbedaan bentuk atau ukurannya?

Jenis-Jenis Stik Billiard

Dalam olahraga biliar, pemain tidak hanya mengandalkan skill dan akurasi dalam memukul atau menyodok bola. Pemain juga harus bisa memilih dan menggunakan stik biliar di saat yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bolanya. 

Berikut ini beberapa jenis stik biliar yang perlu Anda tahu dan kegunaannya masing-masing:

Play Cue Stick

Play cue stick merupakan jenis stik biliar yang wajib dimiliki oleh pemain bola sodok. Sesuai dengan namanya, stik ini digunakan untuk memainkan biliar setelah bola break. Jadi, stik ini menjadi tongkat biliar yang utama selama permainan berlangsung hingga selesai.

Bisa disebut juga bahwa play cue stick menjadi jenis stik biliar yang paling penting. Stik ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan cocok digunakan dengan karakter tiap orang yang ingin bermain biliar. 

Break Cue Stick

Jenis stik biliar ini umumnya didesain dengan ujung (cue tip) yang lebih keras dibanding stik umumnya. Break cue stick digunakan untuk pukulan break atau menghancurkan bola awal saat masih dalam susunan. Cue tip keras berfungsi memberikan efek keras kepada bola putih saat dipukul sehingga dapat menghancurkan susunan bola secara kuat. 

Jump Cue Stick

Jenis stik biliar yang tidak boleh dilupakan selanjutnya adalah jump cue stick. Stik ini umumnya memiliki bentuk dengan ukuran yang lebih pendek dibandingkan jenis stik lainnya. Fungsi dari stik ini adalah untuk melakukan pukulan lambung atau melompat. 

Jump cue stick digunakan untuk membuat cue ball (bola putih) melambung/melompat di udara melewati bola lainnya. Biasanya pukulan dan penggunaan stik ini dilakukan ketika bola putih berada dalam posisi yang sulit atau terhalang bola lainnya. 

Semakin bagus kualitas jump cue stick maka pemain akan lebih mudah melakukan pukulan lambung atau lompatan bola puth. Stik biliar jenis ini memang jarang dimiliki oleh pemain. Tidak semua pemain biliar memiliki stik ini karena memang jarang digunakan. Selain itu, teknik pukulan melompatkan bola putih juga terbilang susah dilakukan. 

Jumpbreak Cue Stick

Jumpbreak cue stick merupakan stik biliar yang didesain dengan perpaduan antara jump cue stick dan break cue stick. Berdasarkan bentuk atau desainnya, stik ini terdapat dua bagian yang bisa dibongkar dan dipasangkan. 

Jadi, jenis stik ini bisa digunakan sebagai break cue stick dan juga menjadi jump cue stick. Stik ini cocok digunakan bagi pemain yang mencari efisiensi dari sebuah stik, yang ingin melakukan pukulan lompatan dan pukulan break di awal permainan. 

Massage Cue Stick

Massage cue stick biasanya cukup asing bagi pemain biliar pemula. Jenis stik ini memang jarang dipakai oleh pemain biliar pada umumnya, khususnya biliar jenis pool. Stik ini memang digunakan dalam permain biliar yang berbeda, seperti caroom billiard dan trickshoot billiard

Demikianlah ulasan jenis-jenis stik biliar yang perlu diketahui oleh pemain bola sodok. Memahami jenis-jenis stik biliar dan kegunaannya sangatlah penting sehingga pemain bisa melakukan pukulan bola sesuai kebutuhan dan bermain secara optimal. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.