Pulang dari Piala Dunia U-17 2023, Marc Guiu Langsung Masuk Skuat Barcelona di Liga Champions
Pemain depan Spanyol U-17, Marc Guiu, saat tampil di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia dipanggil memperkuat Barcelona di Liga Champions (dok. LOC WCU17/RKY).

Bagikan:

JAKARTA - Pemain Spanyol U-17, Marc Guiu, langsung mendapat panggilan pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. Dirinya masuk skuat Barca menghadapi tuan rumah Royal Antwerp di laga terakhir Grup H Liga Champions 2023/2024, Kamis, 14 Desember 2023, dini hari WIB.

Guiu belum lama meninggalkan Indonesia. Spanyol U-17 tersingkir di perempat final Piala Dunia U-17 2023. Mereka kalah tipis 0-1 melawan Jerman U-17 yang kemudian tampil sebagai juara.

Selama di Indonesia, Guiu termasuk pemain yang merasa nyaman dan terkesan dengan suporter lokal.

Bagaimana tidak, nama dia selalu dipanggil atau disapa oleh suporter lokal. Hal tersebut membuat pemain depan berusia 17 ini senang sekaligus heran.

"Spanyol sangat jauh dari Indonesia, tapi ternyata mereka mengenal dan menghargai saya. Fans di Indonesia mendatangi saya untuk meminta foto dan tanda tangan," tutur Guiu.

"Saya terkejut saat melihat fans di sini membeli jersey saya. Saya sangat menghargainya," katanya.

Tersingkir di perempat final menjadikan Guiu dan kolega pulang ke Spanyol lebih cepat. Hanya, Guiu dan pemain Barca lain tak bisa berlama-lama liburan. Mereka langsung kembali ke klub. Xavi pun sudah memanggil para pemain eks Spanyol U-17 untuk berlaga di Liga Champions.

Barca sesungguhnya sudah lolos dan saat ini menduduki puncak klasemen Grup H dengan poin 12. Karena sudah memastikan melangkah ke 16 besar, Xavi merencanakan merotasi pemain.

Dirinya pun memberi kesempatan para pemain dari Akademi La Masia yang sebagian di antaranya baru saja memperkuat La Rojita di Piala Dunia U-17 Indonesia.

Tidak hanya Guiu, pelatih memasukkan paling tidak delapan pemain dari akademi. Termasuk di antaranya duo bek Pau Cubarsi dan Hector Fort. Mereka juga merupakan pilar di sektor belakang Spanyol U-17 selama Piala Dunia U-17 2023.

Bahkan Cubarsi kemungkinan menjadi starter karena Xavi ingin mengistirahatkan Ronald Araujo. Sedangkan Inigo Martinez sudah pasti absen karena cedera.

Ini memberi kesempatan kepada bek yang masih berusia 16 ini unjuk kemampuan. Bisa jadi Cubarsi berduet dengan Fort yang menggantikan Joao Cancelo karena cedera.

Sementara itu, Lamine Yamal dan Fermin Lopez yang juga dari La Masia sudah lebih dulu bermain untuk tim senior. Keduanya pun sudah keseringan dipanggil Xavi saat tim kehilangan banyak pemain yang mengalami cedera.

Masih ada lagi pemain dari La Masia yang dibawa ke Belgia untuk menyambangi markas Royal Antwerp. Ada Marc Casado, Angel Alarcon, dan kiper Ander Astralaga yang berpeluang berdiri di bawah mistar.

Barca sendiri sudah kehilangan kiper utama Marc-Andre ter Stegen yang harus menjadi operasi punggung. Posisi Ter Stegen kemudian digantikan Inaki Pena yang menunjukkan performa apik.

Xavi mungkin memilih Astralaga untuk menjadi kiper utama di laga nanti. Jadi, Pena tampaknya tidak dimainkan Xavi dan digantikan Astralaga.