Barcelona Siapkan Marc Guiu Gantikan Robert Lewandowski
Barcelona bakal menggantikan striker Robert Lewandowski dengan Marc Guiu. (fcbarcelona.com)

Bagikan:

JAKARTA - Striker Robert Lewandowski tak lagi memenuhi harapan Barcelona. Namun, Barca sudah menyiapkan penggantinya, Marc Guiu.

Penyerang dari akademi La Masia itu sudah melejit saat memperkuat Spanyol U-17 di Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia.

Lewandowski meraih sukses pada musim pertama di La Liga bersama Barca. Dirinya menunjukkan ketajamannya seperti saat membela Bayern Munchen.

Pada debut di Spanyol, striker Timnas Polandia ini langsung membawa Barca meraih titel La Liga. Tak hanya itu, Lewandowski pun menjadi top skor liga sehingga memenangi trofi Pichichi.

Namun, pada musim kedua, Lewandowski langsung mengalami penurunan. Pemain bernomor 9 ini bak kehilangan peran membantu Barca memenangi pertandingan. Dirinya sudah kehilangan ketajaman.

Saat kompetisi memasuki libur akhir tahun, Lewandowski baru mengemas delapan gol. Meski demikian, dirinya masih menjadi top skor klub.

Pada laga terakhir melawan Almeria, Barca menang 3-2, tetapi tidak ada gol dari Lewandowski.

Terakhir, dia mencetak gol di laga melawan Girona, 11 Desember 2023. Meski mencetak gol, Blaugrana menelan kekalahan 4-2.

Menurut Diario Sports, Direktur Olahraga Barca, Alfredo Martinez, sudah frustrasi dengan Lewandowski yang minim kontribusi musim ini. Hal itu menjadikan dirinya sudah dicoret dari status tak tersentuh.

Artinya, klub bisa menjualnya kapan saja. Bahkan, bila ada klub yang menawar 20 juta euro, Barca tak ragu melepas Lewandowski.  

Namun, ada pertimbangan lain yang membuat Barca tak ingin segera melego sang pemain. Apalagi, bila Barca belum mendapatkan striker mumpuni yang bisa langsung menggantikan Lewandowski.

Selain itu, sang pemain punya 'tugas' mendampingi suksesor dia, yaitu Guiu. Pemain berusia 17 itu mulai mengukuhkan diri sebagai andalan anyar Barca sejak dipanggil Manajer Xavi Hernandez dari akademi La Masia.

Guiu sempat tampil di La Liga sebelum masuk skuat Spanyol U-17 yang berlaga di Indonesia. Dirinya membawa Spanyol sampai perempat final.

Kabar terakhir, Guiu akan mendapat perpanjangan kontrak dari Barca. Ini menunjukkan bila dirinya siap menjadi mesin gol Los Cules.

Kontrak Guiu sesungguhnya baru berakhir 2025. Barca akan memperpanjang kontrak dia sampai 2030.

Pihak pemain dan keluarga menyambut baik tawaran Barca. Ini menjadi sinyal Guiu bakal menjadi bagian penting Barca musim depan.