Harga Jude Bellingham Meroket, Jadi Pemain Termahal Bareng Mbappe dan Haaland
Jude Bellingham menjadi pemain termahal (Instagram/@judebellingham).

Bagikan:

JAKARTA - Menimba ilmu di Birmingham City, bersinar di Real Madrid. Jude Bellingham menjadi pemain paling berharga di dunia saat ini.

Kenaikan harga pasar pemain asal Inggris itu tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti dalam waktu dekat.

Sekarang, label Bellingham sudah setara dengan Erling Haaland dan Kylian Mbappe di angka 180 juta euro atau sekitar Rp3 triliun.

Pemain 20 tahun itu meningkat pesat 30 juta euro dengan cepat sebagaimana catatan Transfermarkt. Tak heran, dia kini di atas Mbappe dan Haaland mengingat usianya lebih muda.

Nilai Jude Bellingham
Nilai pasar Jude Bellingham ada di posisi teratas (dok. Transfermarkt).

Bellingham telah menjadi pemain luar biasa sejak pindah dari Borussia Dortmund ke Real Madrid dengan banderol 103 juta euro atau sekira Rp1,8 triliun pada awal musim ini.

Dia telah mencetak 17 gol dan memberikan lima assist di semua ajang bersama Los Blancos. Meskipun berstatus gelandang, Bellingham pencetak gol terbanyak di La Liga 2023/2024, termasuk dua gol kemenangan saat menekuk Barcelona di El Classico jilid pertama musim ini.

"Dia tampak seperti seorang veteran di luar sana karena sikapnya. Saya tidak dapat menyangkal bahwa kita semua terkejut dengan penampilannya, terutama dengan level dan efektivitasnya."

"Dia ada di mana-mana di lapangan. Hari ini dia luar biasa dan mengejutkan semua orang dengan gol indahnya dari tepi kotak penalti."

"Bellingham dengan mudah mencetak 20 atau 25 gol musim ini. Meskipun kami tidak menganggap dia sebagai pencetak gol, saat ini dia mencetak banyak gol. Namun, kami mengharapkan gol dari para striker juga," kata Manajer Madrid, Carlo Ancelotti, selepas kemenangan 2-1 atas Barca.

Bellingham berkembang melalui tim muda di klub kampung halamannya, Birmingham City, Dia menjadi pemain termuda ketika melakukan debut melawan Portsmouth pada Agustus 2019, saat berusia 16 tahun 38 hari.

Bellingham mendapatkan valuasi Transfermarkt pertamanya sebesar 2,5 juta euro atau berkisar Rp42,4 miliar pada Oktober 2019 dan terus meningkat secara berlipat-lipat sejak saat itu.

Dortmund bahkan menghabiskan 30,15 juta euro untuk mendapatkan jasanya pada Juli 2020. Pemain Inggris terus mencuat di Bundesliga dan harganya meningkat pada akhir musim pertamanya di Jerman menjadi 55 juta euro.

Kenaikan Nilai Jude Bellingham
Kenaikan nilai pasar Jude Bellingham (dok. Transfermarkt).

Bellingham mencetak enam gol dan memberikan 14 assist selama musim 2021/22 yang membuat harga pasarnya naik menjadi 80 juta euro pada akhir musim itu.

Pada musim terakhirnya bersama Dortmund, banderol Bellingham mencapai 120 juta euro. Real Madird kemudian membayarnya 17 juta euro lebih murah.

Dia sekarang diberi nilai 180 juta euro, sebuah rekor tertinggi untuk seorang gelandang. Nilai pasar Bellingham telah meningkat melebihi pemain lainnya pada tahun 2023. Dalam satu tahun kalender, harganya meroket 70 juta euro.