Crystal Palace vs Liverpool: Jurgen Klopp Frustrasi dengan Jadwal Liga Inggris
Kapten Liverpool Virgil van Dijk saat merayakan gol di laga lawan Sheffield United (X/@LFC).

Bagikan:

JAKARTA - Kemenangan atas Sheffield United tak membuat manajer Liverpool Jurgen Klopp bernapas lega. Gara-garanya, Si Merah sudah harus melakoni laga tandang melawan Crystal Palace pada Sabtu siang atau lunchtime waktu setempat atau 9 Desember 2023 pukul 19.30 WIB.

Liga Inggris segera memasuki pekan festival alias festive period, yaitu pertandingan dengan jadwal yang sangat padat. Saat liga lain libur Natal dan Tahun Baru, sebaliknya Premier League Inggris menggelar pertandingan dengan jadwal berdekatan.

Puncaknya tim-tim tetap bertanding pada boxing day atau Tahun Baru. Jadi, pada tanggal 1 Januari 2024 saat orang-orang masih beristirahat usai berpesta malam pergantian tahun, tim-tim Liga Inggris malah bertanding.

Periode ini menjadi kado bagi suporter karena boxing day merupakan momen tukar hadiah. Tim-tim pun berusaha menang sebagai bentuk kado untuk suporter mereka. 

Namun, Liverpool dan tim-tim lain sesungguhnya masih belum memasuki pekan festival. Meski demikian, The Reds sudah harus melakoni pertandingan yang padat.

Hal itu yang bikin Klopp geram dan frustrasi. Pasalnya, Liverpool baru saja melakoni laga away melawan Sheff United, Kamis, 7 Desember 2023, dini hari WIB.

Beruntung, Liverpool menang 2-0 lewat gol Virgil van Dijk dan Dominik Szoboszlai dalam duel di Bramall Lane.

Hanya saja, pemain memiliki waktu kurang dari 72 jam karena mereka akan kembali berlaga di kandang lawan melawan Palace. Repotnya lagi, Liverpool mendapat jadwal di siang hari karena laga digelar pada lunch time.

"Usai pertandingan, kami pergi tidur pada pukul 01.00 atau 02.00 dini hari. Selanjutnya kami hanya punya waktu latihan dua kali."

"Kami kemudian bermain lagi," ucap Klopp yang mengaku tak pernah mengerti mengapa ada jadwal pertandingan di siang hari, satu-satunya liga yang menghelat laga siang hari.

"Saya sungguh tak paham soal itu (perlunya laga lebih awal atau di siang hari). Jadi, mengapa saya harus menjelaskannya lagi," ucap Klopp.

Sementara, Van Dijk menuturkan dirinya sudah memperkirakan tim bakal bekerja ekstrakeras untuk memenangi pertandingan. Pasalnya, Liverpool menghadapi tim yang berganti manajer.

"Anda harus bekerja keras di setiap pertandingan, terutama saat menghadapi tim yang berganti manajer. Ini akan sulit, tetapi kami bermain bagus dan layak meraih tiga poin," kata Van Dijk.

Kemenangan atas Sheff United menjadikan Liverpool naik ke peringkat kedua dengan 34 poin. Masih terpaut dua poin dari Arsenal yang memimpin klasemen.

Sementara itu, Manchester City turun ke peringkat keempat setelah dikalahkan Aston Villa 0-1. Villa tidak hanya menang atas Man City, tetapi juga menggeser posisi rivalnya.

Kini, Villa menduduki peringkat ketiga dengan 32 poin. Mereka unggul dua poin dari Man City.

Laga melawan Palace tidak kalah krusial bagi Liverpool demi menjaga jarak poin dengan Arsenal.

Hanya, Klopp kembali kehilangan pemainnya, Alexis Mac Allister, yang mengalami cedera lutut saat melawan Sheff United.

"Saya tidak tahu berapa lama dia pulih kembali. Namun, laga melawan Palace tampaknya terlalu cepat bagi dia," kata Klopp menanggapi ceder McAllister.

Sedangkan bek Joel Matip sudah mengakhiri kompetisi lebih cepat. Matip mengalami cedera ligamen lutut yang membuat dia harus beristirahat selama beberapa bulan.

Bahkan, dia diprediksi baru bisa bermain saat kompetisi musim baru bergulir kembali.