Bagikan:

JAKARTA - Arsenal pesta gol saat memastikan lolos ke 16 besar Liga Champions. Dalam duel di Grup B di kandang sendiri di Stadion Emirates, Kamis, 30 November dini hari WIB, Arsenal menghajar Lens 6-0. Arsenal juga membawa PSV Eindhoven ke babak knockout.

Arsenal menunjukkan performa terbaik. Sedangkan gelandang Kai Havertz kian melejit setelah kembali mencetak gol sekaligus membuka pesta kemenangan Arsenal. Sedangkan Jorginho mengakhirinya lewat tendangan penalti.

Meski mampu membobol gawang lawan sampai enam kali, namun semua gol dihasilkan oleh masing-masing pemain.

Kemenangan itu menjadikan The Gunners melaju ke babak knockout setelah memimpin klasemen Grup B dengan poin 12. Tidak ada pesaing yang mampu mengejar poin Arsenal meski masih menyisakan satu pertandingan lagi

Keberhasilan Arsenal mengalahkan Lens pun membantu PSV untuk melaju ke babak berikutnya. PSV yang menduduki peringkat dua setelah menang 3-2 atas Sevilla mengantungi poin delapan.

Klub Eredivisie Belanda ini unggul head-to-head dengan Lens. Ini menjadikan laga terakhir Lens melawan Sevilla sudah tidak berpengaruh meski mereka menang atas lawannya.

Dalam laga itu, Arsenal bermain mengesankan. Keberhasilan merebut posisi puncak klasemen Premier League Inggris usai mengalahkan Brentford 1-0 benar-benar memotivasi mereka.

Arsenal tampil percaya diri dan Havertz yang memanfaatkan assist Gabriel Jesus membuka kemenangan tim di menit 13.

Ini merupakan gol kedua secara berturut-turut Havertz. Sebelumnya, dia menjadi penentu kemenangan lewat gol tunggal ke gawang Brentford.

Pencapaian itu menunjukkan pemain timnas Jerman ini mulai nyetel dengan Arsenal. Setelah gagal di Chelsea, Havertz sempat tak kunjung menemukan performa terbaik sejak pindah ke Arsenal.

Namun kini performa dia kian mengilap dan klub tampaknya melakukan pembelian terbaik untuk Havertz.

Gol Havertz membuat rekan-rekannya kian agresif. Permainan ofensif klub London Utara ini kembali berbuah gol lewat Jesus di menit 21. Dirinya menyelesaikan assist dari Bukayo Saka.

Selanjutnya, giliran Saka yang membobol gawang Lens. Kali ini, dia yang mendapat umpan dari pemain sayap Gabriel Martinelli mencetak gol di menit 24.

Hanya berselang tiga menit, Martinelli mendapat giliran berikutnya untuk mengubah skor menjadi 4-0.

Tuan rumah masih belum puas meski sudah leading empat gol dalam tempo 27 menit.

Kali ini, kapten Martin Odegaard yang meneruskan umpan bek timnas Jepang Takehiro Tomiyasu ikut menyumbang gol pada injury time babak pertama. Skor 5-0 untuk Arsenal menutup 45 menit pertama.

Di babak kedua, Arsenal menurunkan tempo permainan. Hanya, tim asuhan Mikel Arteta ini tetap unggul dalam penguasaan bola sehingga Lens kesulitan mengejar defisit gol.

Meski demikian, tuan rumah akhirnya bisa menambah gol. Kali ini, gelandang Jorginho yang melakukannya dari titik penalti di menit 86.

Penalti diberikan setelah pemain Lens Abdukodir Khusanov dinilai menyentuh bola di kotak terlarang. Hanya wasit meninjau insiden itu lebih dulu sebelum memutuskan penalti untuk Arsenal.

Protes keras dari Khusanov tak digubris wasit usai menunjuk titik putih. Jorginho pun menuntaskan eksekusi penalti dengan baik. Kontras dengan saat dirinya mengambil penalti bersama timnas Italia yang lebih sering gagal.

Skor berubah menjadi 6-0 untuk Arsenal dan bertahan sampai akhir laga. Arsenal pun mengikuti jejak tim Premier League lain, Manchester City yan sudah lebih dulu lolos.