Bagikan:

JAKARTA - Arsenal yang menurunkan pemain lapis kedua bermain imbang 1-1 melawan PSV Eindhoven di pertandingan terakhir Grup B Liga Champions di Stadion Philips, Rabu, 13 Desember dini hari WIB. Hasil itu membantu PSV lolos ke 16 besar mendampingi Arsenal.

PSV memang bersaing dengan Lens memperebutkan satu tiket ke 16 besar. Hanya, PSV berada di atas angin. Pasalnya, klub Eredivisie Belanda ini hanya butuh imbang untuk lolos.

Target itu pun tercapai saat PSV menjamu Arsenal. Dalam duel itu, PSV tertinggal lebih dulu sebelum berhasil bangkit untuk menyamakan skor melalui Yorbe Vertessen.

Imbang melawan Arsenal mengukuhkan posisi PSV di peringkat dua dengan poin sembilan dan membawa mereka ke babak knockout. Unggul satu poin dengan Lens yang menang 2-1 atas Sevilla.

Lens akhirnya menduduki peringkat tiga dan berlaga di Liga Europa. Sementara, Arsenal yang sudah memastikan lolos mengantungi poin 13.

Dalam duel itu, Arsenal memang menurunkan pemain lapis kedua. Hanya saja, manajer Mikel Arteta sebelumnya menyatakan siapa pun yang diturunkan Arsenal, mereka tetap memiliki tugas memenangkan pertandingan.

Meski demikian, Arteta malah menurunkan startling line up yang sama sekali berbeda. Dia merombak dengan menurunkan delapan pemain yang berbeda. Tim starter yang diprediksi sulit menang.

Hanya duo bek tengah William Saliba dan Gabriel Magalhaes yang tetap menjadi starter untuk membentengi kiper Aaron Ramsdale yang menggantikan David Raya. Sementara, Eddie Nketiah menjadi centre forward.

Nketiah pula yang memecah kebuntuan setelah kedua tim tak mencetak gol sepanjang babak pertama. Dirinya membobol gawang PSV di menit 42.

Gol berawal dari Reiss Nelson yang menyusuri sektor kanan dan kemudian melakukan operan satu dua dengan Cedric Soares. Dirinya kemudian memberikan bola kepada Nketiah yang menuntaskannya menjadi gol. Skor 1-0 untuk Arsenal menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, PSV bermain lebih agresif. Mereka mencoba memanfaatkan peluang karen lawan tak menurunkan skuat terbaik.

Hasilnya pertandingan baru berjalan lima menit, PSV menyamakan skor melalui Vertessen yang sebelumnya nyaris membobol gawang Arsenal. Namun sepakannya masih membentur tiang gawang.

Dirinya tak melakukan kesalahan saat menyambut umpan dari Ricardo Pepi untuk menaklukkan kiper Ramsdale. Skor berubah 1-1.

Dalam keadaan imbang, PSV tetap bermain ofensif. Mereka pun nyaris membalikkan keadaan saat Ismael Saibari mendapat peluang emas di menit 66.

Hanya saja, upaya dia masih membentur tiang gawang. Begtu pula tendangan Guus Till masih gagal.

Sementara, Arsenal sempat mencetak gol melalui Jakub Kiwior di menit 81. Namun gol lewat sundulan Kiwior dianulir karena rekannya Gabriel, dalam posisi offside

Arsenal kembali mendapat peluang pada injury time. Namun sepakan Leandro Trossard masih bisa digagalkan kiper Walter Benitez. Skor imbang itu bertahan sampai akhir laga.