Arsenal Kukuh di Puncak dan Tinggalkan Manchester City
Pemain Arsenal Bukayo Saka merayakan gol yang dicetaknya di laga melawan Wolverhampton Wanderers. (Twitter @Arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal mengukuhkan posisi di puncak klasemen Premier League Inggris usai mengalahkan Wolverhampton Wandeers 2-1 di Stadion Emirates, Sabtu, 2 Desember malam WIB. Kemenangan itu menjadikan Arsenal meninggalkan Manchester City.

Man City menjadi pesaing terdekat Arsenal yang akan menghadapi Tottenham Hotspur, Minggu, 3 Desember malam WIB. Bila sampai gagal, maka Man City secara perlahan bisa ditinggalkan The Gunners.

Kemenangan atas Wolves menjadikan Arsenal memiliki poin 33. Mereka unggul empat poin dari Man City yang bertengger di peringkat dua. Bila menang atas Tottenham, tim asuhan Pep Guardiola pun belum bisa menggeser Arsenal.

Meski demikian, mereka tetap menjaga persaingan sekaligus terhindar ancaman dari Liverpool dan Aston Villa yang terpaut satu poin dari The Cityzens.

Sementara, Wolves tertahan di papan tengah klasemen. Mereka menempati posisi 13 dengan poin 15.

Di pertandingan itu, Arsenal yang baru saja menghajar Lens 6-0 di ajang Liga Champions menunjukkan dominasi atas Wolves. Mereka langsung mencetak gol pada menit-menit awal.

Pemain depan Bukayo Saka membuka kemenangan Arsenal. Memanfaatkan assist Takehiro Tomiyasu, dirinya mencetak gol saat laga baru berjalan enam menit.

Gol cepat itu memang memompa semangat pemain Arsenal. Hanya berselang dua menit, mereka memperbesar keunggulan. Namun wasit kemudian membatalkan gol itu setelah meninjaunya lewat VAR.

Sebaliknya, kapten Arsenal Martin Oedegaard tak melakukan kesalahan saat membobol gawang lawan di menit 13. Kali ini, dirinya menyelesaikan assist dari Oleksandr Zinchenko.

Unggul 2-0 menjadikan pemain Arsenal kian percaya diri. Mereka sepenuhnya mengontrol pertandingan. Hanya tidak ada gol yang tercipta sehingga skor itu tak berubah saat babak pertaa berakhir.

Di babak kedua, Arsenal tetap menguasai permainan. Hanya Wolves pun mencoba bangkit. Meski demikian kesabaran pemain tim-tamu memang benar-benar diuji.

Mereka baru bisa memperkecil ketinggalan saat pertandingan tersisa empat menit lagi dari waktu normal.

Gol Wolvers dihasilkan Matheus Cunha. Dirinya mendapat assist dari Nelson Semedo yang mengubah skor menjadi 2-1 dan bertahan sampai akhir laga.

"Ini pekan yang bagus dengan hasil yang bagus pula," kata Odegaard menanggapi hasil pertandingan.

"Kami berada di puncak klasemen dan kami terus memperbaiki diri. Harus diakui kami melakoni laga dengan jadwal yang padat. Namun sepanjang musim memang bakal berat dengan banyak laga," ujar dia lagi.