Bagikan:

YOGYAKARTA – Jika Anda bosan melakukan yoga sendirian, cobalah untuk melakukan gerakan berpasangan. Pose yoga berpasangan bisa dilakukan dengan partner, boleh teman, pasangan, atau kerabat lain. Manfaat yang didapatkan pun tidak hanya kesehatan tapi juga hubungan yang makin akrab dan intim.

Pose Yoga Berpasangan

Saat mencoba olahraga yoga gerakan berpasangan disarankan untuk memilih partner dengan postur yang seimbang. Lalu apa saja pose yoga berpasangan yang bisa dilakukan?

  1. Partner Warrior 1

Pose Partner Warrior 1 adalah pose yang bermanfaat untuk menguatkan lengan, bahu, punggung, kaki punggul, bahkan paru-paru. Pose ini juga mampi meningkatkan fokus dan keseimbangan tubuh. Pose ini dilakukan dengan saling berhadapan dengan pasangan.

Caranya, berdiri saling berhadapan dengan partner dengan jarak dua lengan. Setelah itu majukan satu kaki kanan, sedangkan partner memajukan kaki kiri. Tekuk lutut 90 derajat hingga siku. Setelah itu retangkan dua tangan ke atas dengan posisi telapak tangan saling bersentuhan. Tahan pose ini sebanyak 5 hingga 7 kali napas, tukar posisi kaki secara bergantian.

  1. Partner Seated Forward Fold

Pose ini mudah dilakukan bersama pasangan. Manfaat pose Partner Seated Forward Fold ialah untuk menguatkan otot lengan atas, punggung, serta paha. Caranya adalah dimulai dengan duduk berhadapan lalu luruskan kaki ke depan hingga membentuk huruf V.

Telapak kaki partner dan telapak kaki Anda saling ditempelkan. Selain kaki, Anda dan partner juga harus merentangkan tangan ke depan dan saling menarik. Tahan posisi ini selama 5 sampai 7 napas.

  1. Back-bend Child’s Pose

Pose ini dilakukan untuk meregangkan punggung secara bergantian. Caranya adalah ambil posisi bersimpuh lalu tempelkan kening ke lantai. Sedangkan pasangan menempelkan punggung ke punggung Anda dengan kaki direntangkan.

Setelah itu kaitkan tangan Anda dengan partner lalu saling menarik pelan-pelan. Lakukan pose ini secara bergantian. Pose Back-bend Child’s Pose berguna untuk memperkuat otot punggung, bahu, serta pinggul.

  1. Backbend

Pose ini mirip dengan Back-bend Child’s Pose hanya saja dilakukan sambil berdiri. Caranya adalah Anda bisa mengambil gerakan seperti rukuk, sedangkan partner menempelkan punggungnya ke punggung Anda. Posisi tangan Anda dan partner direntangkan ke samping dan saling bersentuhan sambil saling mengunci agar tidak mudah terjatuh. Tahan pose ini selama lima menit, setelah itu lakukan secara bergantian.

  1. Seated Cat Cow

Pose ini juga membantu menguatkan lengan dan pernapasan. Cara melakukan pose ini adalah dengan duduk sila saling berhadapan, julurkan tangan ke depan saling memegang pergelangan tangan. Setelah itu condongkan badan ke belakang dengan tumpuan pada tangan dan lutut saling menempel. Tahan pose ini sambil bernapas dengan pelan, tundukkan kepala ke arah bawah.

  1. Boat Pose

Ambil posisi duduk sambil berhadapan, lalu rentangkan kaki lurus ke arah atas hingga jari kaki Anda dan partner saling bersentuhan. Setelah itu arahkan tangan ke arah bawah dan raih pergelangan tangan partner. Arahkan dada ke partner Anda dengan posisi punggung lurus. Tahan gerakan ini selama 2 menit lalu turunkan kaki secara perlahan. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

Itulah informasi terkait pose yoga berpasangan. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.