Barcelona Butuh Gol Bunuh Diri untuk Hindari Kekalahan
Gelandang Barcelona Frenkie de Jong saat menghadapi Rayo Vallecano. (fcbarcelona.com)

Bagikan:

JAKARTA -Barcelona harus bekerja keras sebelum meraih satu poin saat menghadapi Rayo Vallecano di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Vallecas, Sabtu, 25 November malam WIB. Ironisnya Barca butuh gol bunuh diri untuk menghindari kekalahan dan bermain imbang 1-1.

Barca tidak tampil dengan skuat terbaik saat menyambangi markas Vallecano. Gelandang timnas Spanyol Gavi absen karena mengalami cedera lutut parah dan harus menjalani operasi.

Selain itu, kiper Marc-Andre ter Stegen tidak bisa tampil karena bermasalah di bagian punggung. Posisinya digantikan Inaki Pena yang baru pertama kali berdiri di bawah mistar menggantikan Ter Stegen.

Meski kehilangan sejumlah pemain pilar, namun pelatih Xavi Hernadez masih bisa menurunkan tim terkuat. Apalagi, gelandang Frenkie de Jong sudah bisa kembali bermain usai cedera otot yang membuat dia beristirahat selama lebih dari satu bulan.

Hanya saja, Barca tetap kesulitan menghadapi Vallecano. Apalagi, tuan rumah bermain terbuka dengan sama baiknya.

Serangan mereka pun membuahkan hasil saat Unai Lopez membobol gawang Pena lewat tendangan voli yang indah dari jarak jauh di menit 39.

Vallecano unggul 1-0. Skor itu bertahan sampai turun minum karena tidak ada tambahan gol. Barca juga belum bisa mencetak gol untuk menyamakan skor.

Di babak kedua, Barca bermain lebih agresif. Hasilnya pemain depan Raphinha nyaris mencetak gol. Tetapi sepakannya masih membentur tiang gawang.

Barca akhirnya menyamakan skor setelah bek Florian Lejeune membuat gol bunuh diri di menit 82. Gol itu berawal dari upaya bek Alejando Balde yang melepaskan umpan silang ke depan gawang lawan.

Umpan itu sesungguhnya diarahkan kepada striker Robert Lewandowski. Namun Lejeune yang hendak membuang bola justru melakukan kesalahan. Bla justru meluncur ke gawang sendiri yang mengubah skor menjadi 1-1.

Tidak ada perubahan skor. Barca pun memetik satu poin dari hasil imbang itu. Hasil tersebut tak mengubah posisi Barca yang berada di peringkat tiga dengan poin 31.

Terpaut tiga poin dengan Girona yang bertengger di puncak klasemen. Sementara Real Madrid yang berada di peringkat dua memiliki 32. Baik Girona dan Madrid berpeluang menjauh dari Barca bila memenangkan laga.

Vallecano sendiri berhasil memperbaiki posisi di klasemen sementara. Mereka menduduki peringkat delapan dengan poin 19.