Panglima TNI:  Calon  KSAD,  .Jenderal Bintang 3 yang  Harus  Eligible,
Panglima TNI Agus Subiyanto - (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bicara soal sosok Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru pengganti dirinya. Agus mengatakan calon KSAD adalah jenderal bintang 3 yang harus memenuhi syarat atau eligible.

"Tadi kan sudah disampaikan oleh Bapak Presiden, tentu yang eligible," ujar Agus di Indonesia Arena GBK, Jakarta, Sabtu, 25 November.

Agus menilai, banyak jenderal TNI bintang 3 yang memenuhi syarat sebagai KSAD. Namun, kata dia, nama calon KSAD akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan depan.

"Bintang 3 yang eligible jadi KASAD itu banyak, nanti Pak Presiden yang putuskan," katanya.

Diketahui, kursi KSAD saat ini kosong usai ditinggalkan Jenderal Agus Subianto karena dilantik menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono.

Sebelumnya, Komisi I DPR mengungkapkan ada tiga nama yang dinilai kuat sebagai calon KSAD. Ketiganya merupakan perwira tinggi (pati) TNI AD berpangkat letnan jenderal (letjen).

Tiga nama itu adalah Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak, Kepala BNPB Letjen Suharyanto, dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

"Ada beberapa nama. Pak Maruli salah satu yang kuat, ada Pak Suharyanto Kepala BNPB, dan Pak Nyoman Cantiasa," kata Meutya Hafid kepada wartawan di gedung MPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 2 November.