MotoGP: Resmi Tinggalkan VR46 Racing, Luca Marini Disebut ke Tim Pabrikan Honda
Pebalap Luca Marini resmi meninggalkan Mooney VR46 Racing Team. (Instagram/@lucamarini10)

Bagikan:

JAKARTA – Luca Marini resmi berpisah dengan tim MotoGP, Mooney VR46 Racing Team setelah enam tahun membela tim milik kakaknya, Valentino Rossi tersebut.

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan, Sabtu, 25 November 2023, VR46 mengatakan mulai musim depan Marini tidak akan membalap untuk mereka lagi.

"Waktunya telah tiba bagi kedua belah pihak untuk mengejar tujuan ambisius dan hasil melalui jalur yang berbeda," demikian tulis VR46 sebagaimana dilansir dari Crash.

Marini disebut-sebut akan bergabung dengan Repsol Honda. Pabrikan asal Jepang itu masih membutuhkan satu nama demi mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Marc Marquez.

"Seluruh manajemen, tim, dan orang-orang yang terlibat dalam proyek ini mendoakan yang terbaik untuk masa depan Luca," demikian bunyi lanjutan pernyataan tim.

Marini memperkuat VR46 sejak masih membalap di Moto2. Dia kemudian mengisi formasi di MotoGP pada tahun 2020.

Selama enam tahun memperkuat tim kakaknya tersebut Marini tercatat naik podium sebanyak 17 kali. Dari jumlah itu dua di antaranya dia dapat di MotoGP, sedangkan sisanya di Moto2.

Dua podium di MotoGP tersebut semuanya didapat pada tahun ini, masing-masing runner up MotoGP Amerika Serikat dan posisi ketiga di MotoGP Qatar.

Posisi yang ditinggalkan Marini di VR46 Racing Team diperkirakan akan diisi oleh Fabio Di Giannantonio yang memenangi balapan di Grand Prix Qatar pekan lalu.