Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia Kelelahan Jelang Lawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan kembali melanjutkan perjuangan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan melawan Filipina. Matchday putaran kedua ini akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial pada Selasa, 21 November pukul 18.00 WIB.

Menjelang laga tersebut, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia mengungkapkan bahwa kondisi timnya sempat kelelahan. Hal itu terjadi karena perjalanan jauh yang ditempuh selesai menghadapi Irak di laga perdana.

Pada laga itu, Skuad Garuda menuai hasil pahit karena kalah 1-5 di hadapan pendukung tuan rumah. Kendati begitu, Shin Tae-yong yakin bisa membawa anak asuhnya kembali dalam kondisi baik.

“Memang setelah pertandingan melawan Irak, kita pindah ke Filipina, seharian di jalan. Jadi, kondisi pemain letih dan lelah, tapi saya akan mempersiapkan tim dengan baik,” ucap sang pelatih dikutip dari laman resmi PSSI pada  Senin 20 November 2023.

Belajar dari kekalahan 1-5 di markas Irak, Shin Tae-yong menyadari bahwa hasil itu didapat karena kesalahan yang dilakukan pemain kala menguasai bola di daerah pertahanan.

Karena itu, dia berpesan kepada anak asuhnya agar tidak mengulangi kesalahan serupa di Filipina. 

“Jadi, yang namanya sepak bola, bisa menang dan juga kalah. Memang banyak faktor yang menyusahkan kita mulai dari waktu, jet lag, dan lain-lain.”

“Karena itu, saya mengingatkan kembali kepada para pemain agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan seperti gol pertama ke gol ketiga (saat lawan Irak),” kata sang pelatih.

Timnas Indonesia sudah berada di Filipina sejak Sabtu, 18 November 2023 pagi waktu setempat. Mereka sudah menggelar latihan pada sore harinya.