Preview Maroko U-17 vs Iran U-17: Motivasi Saling Berburu Sejarah
Iran U-17 ingin mencetak sejarah baru bagi timnya di Piala Dunia U-17 2023 (dok. FIFA).

Bagikan:

JAKARTA – Maroko U-17 akan melanjutkan perjalanan mereka pada Piala Dunia U-17 2023 dengan melawan Iran U-17.

Kedua tim bentrok pada babak 16 besar yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur pada Selasa, 21 November 2023 pukul 19.00 WIB.

Kedua tim sejauh ini belum mengoleksi gelar dalam sejarah ajang ini. Karena itu, kedua tim pasti sama-sama punya ambisi menorehkan sejarah mereka di Indonesia.

Bagi Maroko U-17 turnamen tahun ini adalah partisipasi kedua mereka. Satu keikutsertaan mereka sebelumnya ialah pada 2013 ketika berlangsung di Uni Emirat Arab (UEA).

Pada saat itu mereka juga lolos sebagai juara grup seperti tahun ini. Namun, mimpi mereka kandas di babak 16 besar setelah menelan kekalahan 1-2 melawan Pantai Gading U-17.

Pada edisi tahun ini, Maroko U-17 mengunci posisi teratas grup berkat dua kemenangan. Perinciannya, kemenangan laga pertama melawan Panama (2-0) dan laga terakhir grup kontra Indonesia (3-1).

Sementara itu, Iran U-17 punya sejarah lebih panjang di turnamen ini. Piala Dunia U-17 2023 adalah kali kelima mereka hadir sebagai kontestan.

Dalam empat perjalanan sebelumnya, mereka sukses menorehkan catatan terbaik menembus perempat final. Pencapaian itu berhasil mereka ukir pada Piala Dunia U-17 2017.

Pada tahun ini Iran U-17 mendapat salah satu undian terberat di fase grup karena harus bersama dengan Brasil U-17 dan Inggris U-17. Kedua pesaing berat tersebut pernah merasakan gelar juara.

Meski demikian, Iran U-17 sukses membuktikan diri lolos ke fase gugur. Pasukan asuhan Hossein Abdi itu mendapat tiket lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Saat melakoni fase grup, Iran U-17 berhasil membuat malu Brasil U-17 di laga pertama. Mereka lalu kalah melawan Inggris U-17 dan mengunci kemenangan penting atas Kaledonia Baru U-17 di laga terakhir.

Prakiraan Formasi

Maroko U-17 (4-4-1-1): Taha Benrhozil; Hamza Koutoune, Abdelhamid Boudlal, Ismail Bakhti, Yasser Aissati; Ayman Ennair, Mohamed Amine, Ayoub Chaikhoun, Mohamed Hamony; Abdel Hamid; Anas Alaoui

Pelatih: Said Chiba

Iran U-17 (4-4-2): Arsha Shakouri; Nima Andarz, Erfan Darvishaali, Hesam Nafari, Alireza Homaeifard; Yaghoub Barajeh, Amirmohammad Razzaghinia, Abolfazl Zamani, Mahan Sadeghi; Ismaeil Gholizadeh, Abolfazl Moredi

Pelatih: Hossein Abdi