Bagikan:

JAKARTA - Kejutan, Albania berhasil merebut tiket ke putaran final Euro 2024. Hasil imbang 1-1 melawan Moldova di pertandingan Grup E di Stadion Zimbru, Sabtu, 18 November dini hari WIB, memantapkan posisi Albania di puncak klasemen sekaligus lolos ke Jerman.

Albania sesungguhnya diprediksi tidak menjadi salah satu tim unggulan yang merebut tiket ke Euro 2024. Pasalnya dii grup tersebut ada Rep. Ceko dan Polandia yang sudah pasti dimotori striker gaek Robert Lewandowski.

Selain itu ada gelandang Napoli Piotr Zielinski dan kiper Juventus Wojciech Szczesny. Ini menjadikan Polandia sebagai salah satu unggulan.

Kenyataannya, Polandia harus bekerja keras dan akhirnya gagal lolos ke putaran final. Rep. Ceko atau Moldova yang paling berpeluang mendampingi Albania ke Jerman.

Bila Moldova yang ini juga menjadi kejutan karena mereka sama sekali tak diperhitungkan. Hasil imbang melawan Moldova membuka harapan mereka untuk berangkat ke Jerman. 

Albania sendiri berhasil memuncaki klasemen setelah mendapat satu poin dari hasil imbang tersebut. Kini, Albania memiliki 14 poin yang menjadikan perolehan poin mereka sudah tak bisa dikejar Polandia dan Moldova.

Meski demikian, Albania masih memiliki satu laga terakhir melawan Kep. Faroe yang menduduki peringkat paling bawah. Bila menutup babak kualifikasi dengan kemenangan atas Kep. Faroe, maka Albania tampil sebagai juara grup.

Perjalanan Albania menuju Jerman meman di luar prediksi. Namun mereka mulai diperhitungkan setelah mengalahkan Polandia 1-0 yang bertindak sebagai tuan rumah pada Maret lalu.

Selanjutnya, The Eagles tak terkalahkan dengan memenangkan empat pertandingan dan dua kali imbang.

Hasil imbang terakhir dipetik Albania saat melawan Moldova. Di laga itu, Albania unggul lebih dulu melalui gol Sokol Cikalleshi dari titik penalti menit 25.

Penalti diberikan setelah gelandang Moldova Ioan-Calin Revenco melakukan pelanggaran terhadap striker Taulant Seferi. Dan, Cikalleshi yang menuntaskan eksekusi penalti dengan sempurna.

Tertinggal 1-0, Moldova sempat bangkit. Tuan rumah menekan lawan dan menciptakan banyak peluang. Namun kiper Albania Etrit Berisha berkali-kali melakukan penyelamatan gemilang sehingga menggagalkan Moldova mencetak gol.

Namun usaha Moldova akhirnya membuahkan hasil. Menjelang bubaran, Vladyslav Baboglo mencetak gol lewat tendangan dari jarak dekat yang menyamakan skor menjadi 1-1.

Gol yang tercipta di menit 87 ini disambut teriakan histeris dari suporter. Bagaimana tidak peluang Moldova untuk lolos masih terbuka.

Duel pamungkas dan berstatus a winner takes all yang menjadi penentu apakah Moldova atau Rep. Ceko yang mendampingi Albania.