Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Spanyol, yang menampilkan rekor sempurna di Euro 2024 dengan tiga kemenangan dari tiga pertandingan grup, dipastikan sebagai favorit kuat menghadapi Georgia di babak 16 besar, tim yang sebelumnya mereka kalahkan dengan skor mencolok 7-1 dalam kualifikasi. Meski demikian, para pemain menegaskan bahwa mereka tidak meremehkan lawan mereka yang mampu menciptakan kejutan di turnamen ini.

Alejandro Grimaldo, bek kiri Spanyol, menegaskan bahwa meskipun Spanyol pernah mengalahkan Georgia dengan skor 3-1 dan 7-1 dalam kualifikasi, hal tersebut tidak akan berpengaruh dalam pertandingan mendatang. Georgia, yang berhasil mengalahkan Portugal dengan Cristiano Ronaldo, untuk mencapai babak gugur, telah menunjukkan peningkatan signifikan.

"Situasi beberapa bulan lalu sudah menjadi masa lalu. Sepak bola berubah dengan cepat. Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Tim kami fokus dan percaya diri untuk bermain dengan baik dan mencapai perempat final," ujar Grimaldo dalam konferensi pers menjelang pertandingan Minggu 30 Juni.

Spanyol, yang telah meraih gelar juara Euro sebanyak tiga kali, melalui grup stage tanpa kebobolan dan mencetak lima gol melawan Italia, Kroasia, dan Albania. Grimaldo sendiri bersaing dengan Marc Cucurella untuk posisi bek kiri, di mana hanya satu kali tampil sebagai starter sejauh ini, saat melawan Albania setelah Spanyol memastikan lolos ke babak selanjutnya.

"Kami adalah teman meskipun bermain di posisi yang sama. Kami saling mendukung. Dia telah tampil sangat baik dalam dua pertandingan, dan saya juga bermain bagus melawan Albania," tambah Grimaldo, yang cenderung lebih menyerang dibandingkan Cucurella, memberikan pilihan menarik bagi pelatih Luis de la Fuente tergantung pada lawan yang dihadapi.

"Persaingan itu sehat. Yang menentukan adalah pelatih, bukan kami," tegas Grimaldo mengenai kompetisi di timnas Spanyol.