Bagikan:

JAKARTA - Tim Inggris yang dipimpin oleh Gareth Southgate harus menunjukkan jati dirinya  di Euro 2024 dalam pertandingan babak 16 besar melawan Slovakia. Jika tikda, tim underdog itu akan  berpeluang mengalahkan The Three Lions.

Skuad Inggris yang berbakat tiba di Jerman sebagai salah satu favorit turnamen, tetapi optimisme di sekitar runner-up Euro 2020 memudar dengan tiga pertandingan grup yang lesu. Mereka terjebak dalam ketidakpastian mengenai susunan pemain terbaik, di mana pelatih mengakui bahwa "eksperimen" dalam pertandingan awal gagal.

Di sisi lain, Slovakia memulai kampanye mereka dengan mengejutkan Belgia peringkat 3 dunia dengan kemenangan 1-0, tim yang peringkatnya 42 tempat lebih tinggi dari mereka.

"Inggris memiliki kualitas, tetapi setiap lawan yang mereka hadapi mampu mengganggu mereka," kata gelandang Slovakia Ondrej Duda kepada TV Markza.

Pelatih Slovakia, Francesco Calzona, menyebut timnya sebagai cerita Cinderella dari babak grup setelah kemenangan mereka atas Belgia. Sementara tim kecil seperti Georgia juga bermain di atas ekspektasi dengan mengejutkan Portugal 2-0 untuk membuktikan bahwa tidak ada tim yang bisa dianggap remeh.

Jadi, meskipun penggemar Inggris bersorak ketika tim Southgate berada di sisi undian dengan jalur yang lebih mudah ke final, itu hanya di atas kertas.

"Saya pikir semua orang telah melihat dalam kompetisi ini bahwa tidak ada sisi undian yang menguntungkan," kata bek Inggris, Marc Guehi, kepada wartawan pada  Kamis, 27 Juni. "Setiap tim, setiap lawan, sangat sulit untuk dihadapi. Saya pikir kita perlu tetap tenang."

Bek Inggris, Marc Guehi (uefa.com)

Setidaknya Inggris menunjukkan beberapa perbaikan di babak kedua dalam hasil imbang 0-0 melawan Slovenia pada  Selasa, 25 Juni, di mana  Kobbie Mainoo dan Cole Palmer tampil mengesankan dari bangku cadangan.

Meskipun pertahanan Inggris menjadi perhatian utama menjelang turnamen dengan absennya veteran seperti Harry Maguire karena cedera, itu telah menjadi bagian terbaik dari kampanye Euro tim ini. Sepanjang fase grup, Inggris memberikan peluang gol yang paling sedikit (xG) - ukuran peluang mencetak gol yang diberikan kepada lawan.

Southgate berharap penampilan yang lebih baik dari Jude Bellingham, yang tampil luar biasa di babak pertama dalam kemenangan 1-0 mereka atas Serbia, tetapi kemudian meredup dalam dua pertandingan berikutnya.

Slovakia dipimpin oleh gelandang Napoli yang cerdik, Stanislav Lobotka, yang disebut oleh legenda Italia Andrea Pirlo sebagai "pemain terbaik di liga Italia."

Calzona, yang sebelumnya hanya menjadi asisten sepanjang karirnya sebelum Slovakia menunjuknya sebagai pelatih pada tahun 2022, mengatakan timnya telah mencapai target utama mereka untuk mencapai Euro. Segala sesuatu yang lain, katanya kepada UEFA, adalah "icing on the cake."

"Salah satu tujuan sekarang tentu saja adalah bermain sepak bola yang indah dan membuat orang-orang ini bangga, karena kami telah mendapatkan dukungan besar dalam pertandingan-pertandingan terakhir," katanya.

Ruang akan menjadi premium bagi Inggris melawan tim Slovakia yang kemungkinan besar akan bertahan. Selama ini tim asuhan Southgate selalu kesulitan melawan blok rendah.

Inggris memiliki sejarah di pihak mereka. The Three Lions, tidak pernah kalah dari Slovakia dengan lima kemenangan, dan satu hasil imbang - hasil 0-0 di babak grup Euro 2016.

Slovakia memiliki kampanye kualifikasi Euro yang solid dengan tujuh kemenangan dan satu hasil imbang dalam 10 pertandingan, sementara Inggris memenangkan enam dan dua kali seri dalam grup lima tim. Pemenang laga ini akan bertemu dengan Italia atau Swiss di perempat final.