Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi) menunjuk klub basket Aras Gading Muda sebagai tempat membina bocah ajaib Sagil Muhammad Rizky.

Sagil ialah anak sekolah dasar berusia 12 tahun yang berasal dari Kerinci, Jambi. Ia membuat heboh jagat basket karena pada usianya yang masih belia memiliki tinggi badan hampir mencapai dua meter.

Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih, mengatakan bahwa Sagil akan sangat dibutuhkan oleh sebuah tim sehingga potensi ini harus dikembangkan dengan sebaik mungkin.

"Pemain basket tidak harus tinggi, tetapi sebuah tim harus mempunyai pemain yang tinggi," kata Danny dalam konferensi pers di Fame Hotel, Gading Serpong, Tangerang, Kamis, 27 Juni 2024.

Fisik Sagil menjadi daya pikat utama yang membuat Perbasi pun bergerak cepat merekrutnya. Ia ke depan akan dipersiapkan untuk menjadi pemain Timnas Indonesia.

Danny menjelaskan bahwa Sagil masih punya empat tahun pembinaan untuk mendapat tiket ke Timnas Indonesia U-16 sebagai level terendah yang ada di Indonesia saat ini. Namun, semua bisa lebih cepat jika Sagil berkembang pesat.

"Timnas Indonesia yang ada cuma 16 tahun. Kalau mau main di level lebih juga boleh. Tujuannya adalah menimbah ilmu sebanyak mungkim," ujar Danny.

Ada tiga alasan kuat Perbasi menunjuk klub Aras Gading Muda (AGM) Jakarta untuk menjadi tempat Sagil mengasah kemampuan bola basketnya.

Klub tersebut punya tingkat pembinaan berjenjang yang bagus. Lalu, adanya sirkulasi kompetisi yang jelas di level klub serta hasil didikan sudah terlihat dan terukur.

"Aras Gading Muda dalam kejuaraan nasional antarklub KU-17 pada 15-20 April 2024 di Bogor, juga berhasil menyabet gelar juara," ujar Danny.

Langkah yang diambil Perbasi untuk merekrut Sagil disambut baik oleh manajer Timnas Indonesia U-18 Putra, Murni Setionegoro.

Dia mengatakan bahwa kehadiran Sagil otomatis akan memperbanyak pemain potensial yang bisa dididik dan dibekali dengan kemampuan individu untuk ke depan menjadi pemain profesional.

"Tentu harapannya Sagil kelak bisa menjadi senjata Indonesia di setiap kejuaraan yang diikuti," ujarnya.

BIODATA

Nama: Sagil Muhammad Rizky

Tempat Tanggal Lahir: Kerinci, 7 Juni 2012

Tinggi: 197 CM

Ukuran Sepatu: 50,5

Alamat: Desa Belui, Kecamatan Depatu Tujuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi

ORANG TUA

Ibu: Susi Herlina

Bapak: Sabarudin

Anak pertama: Gery Ariansyah

Anak kedua: Sagil Muhammad Rizky