Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, secara resmi melepas Timnas Basket Putra Indonesia untuk berpartisipasi di SEABA U-18 2024.

Turnamen tersebut akan digelar di Malaysia pada 19-21 Juli 2024. Acara pelepasan tim pun dilakukan di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Selasa, 16 Juli 2024, siang WIB.

Dito mengatakan bahwa turnamen seperti ini merupakan sebuah langkah positif dalam membina bibit-bibit atlet belia. Hal itu sejalan dengan usaha Kemenpora mendorong semua federasi melalukan pembinaan usia dini.

"Kami harus apresiasi Perbasi. Jadi, fokus kami mendorong federasi semua cabor untuk pembibitan atlet. Saya kira Perbasi salah cabor yang melakukan itu dengan baik," kata dia.

Pembinaan usia muda di basket terbukti berhasil. Pasalnya, baru-baru ini tim basket muda Indonesia bisa meraih medali di ASEAN Shool Games (ASG) 2024.

Dito menyebut bahwa cara-cara tepat yang sudah dijalankan sejauh ini perlu dipertahankan sehingga tim basket Indonesia bisa berbicara banyak di pentas lebih besar.

"Kita bisa melihat di beberapa multievent belakangan ini usia-usia dini kita hebat sekali. Ini pekerjaan rumah buat kita bagaimana prestasi di level junior ini bisa konsisten sampai ke senior," ujar Dito.

Total ada 12 pemain yang diberangkatkan ke SEABA U-18 2024. Nama-nama tersebut merupakan hasil dari seleksi yang dilakukan oleh Perbasi sejak bulan April 2024.

Indonesia nanti akan melawan Thailand, Filipina, dan Malaysia. Keempat negara ini akan merebut satu tiket ke FIBA Asian Cup U-18 yang akan berlangsung di Amman, Yordania, pada 2-9 September 2024.

Thailand akan menjadi lawan pertama buat Indonesia di SEABA U-18. Menyusul setelah itu, Garuda Muda melawan Malaysia dan Filipina.