Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) percaya diri Timnas Basket Putra Indonesia U-18 bisa mendapat tiket ke FIBA Asia Cup U-18 2024.

Manajer tim, Murni Setionegoro, mengatakan bahwa tim yang akan berangkat sudah memiliki bekal untuk bertanding di ajang tersebut sehingga peluang mendapat tiket lolos pasti ada.

"Kami sudah sangat percaya diri untuk berangkat. Jadi, yang kami harapkan sampai hari ini semuanya sehat sehingga 12 atlet ini akan berangkat dan bertanding serta lolos," ujar dia.

Kepercayaan diri ini berkaca dari prestasi tim basket belia sebelumnya di ASEAN School Games (ASG) 2024. Ketika itu, Indonesia sukses mendapat medali emas.

Pada partai puncak, Indonesia sukses mengalahkan Filipina yang merupakan negara dengan tradisi basket sangat bagus. Itu adalah emas perdana basket Indonesia dalam sejarah ASG.

Murni berharap pemain-pemain yang berangkat memiliki mental bertarung untuk menang ketika di lapangan. Soalnya, secara teknis mereka sudah dimatangkan oleh pelatih.

"Di ASG juga ikut dan medali emas. Jadi, harapannya kami bisa lolos kualifikasi sehingga pada September 2024 bisa mengikuti FIBA Asia di Yordania," ujar dia.

Total ada 12 pemain yang diberangkatkan ke SEABA U-18 2024. Nama-nama tersebut merupakan hasil dari seleksi yang dilakukan oleh Perbasi sejak April 2024.

Indonesia nanti akan melawan Thailand, Filipina, dan Malaysia. Keempat negara ini akan merebut satu tiket ke FIBA Asian Cup U-18 yang akan berlangsung di Amman, Yordania, pada 2-9 September 2024.

Thailand akan menjadi lawan pertama buat Indonesia di SEABA U-18. Menyusul setelah itu Skuad Garuda Muda melawan Malaysia dan Filipina.