Bagikan:

JAKARTA – Induk basket nasional (Perbasi) mulai mempersiapkan Timnas Basket Indonesia untuk menghadapi ASEAN School Games (ASG) 2024.

ASEAN School Games 2024 dijadwalkan akan berlangsung di Vietnam pada 31 Mei-9 Juni 2024. Perbasi mengirim sebanyak 12 pemain ke turnamen itu.

"Kami sudah memantau lama pemain-pemain ini," kata pelatih tim Rifki Antolyon dalam keterangan resmi yang diterima.

Pemain-pemain yang dipanggil mengikuti training camp (TC) mayoritas ikut seleksi Timnas Basket U-18 Putra untuk SEABA U-18 di Malaysia.

Sebut saja Adante Daud Alghifari, Cliffton Wijaya, Halmaheranno Aprianto, dan I Ketut Gede Bayu. Kemudian ada Justin Patrick Alex, Khairan Putra Deas, dan Jeremy Abner Aritonang.

Mereka akan memulai latihan pada 20 Mei 2024 di GOR Ragunan.

"Dari sana kami menentukan komposisi pemain yang akan bawa nama Indonesia di ASEAN School Games 2024 Vietnam," tutur Rifki.

Sisa waktu yang ada akan digunakan untuk membentuk tim yang solid. Terutama bagaimana para pemain menyerap dengan baik strategi yang disiapkan tim pelatih.

Rifki mengatakan bahwa para pemain selama persiapan akan berlatih dua kali dalam sehari. Khusus tanggal 20, 24, 26, dan 28 Mei 2024, mereka berlatih sekali dalam sehari.

"Sebelum tim berangkat pada 29 Mei 2024, kami berharap bisa melakukan scrimmage game tiga kali," katanya.