Bagikan:

JAKARTA - Spanyol akan berusaha kembali ke jalur kemenangan pada Minggu, 8 September ketika Luis de la Fuente dan timnya melanjutkan kampanye Liga Bangsa-Bangsa UEFA 2024-25 dengan menghadapi Swiss.

Juara bertahan ini ditahan imbang tanpa gol oleh Serbia dalam pembuka kampanye mereka pada Kamis, 5 September sementara Swiss mengalami kekalahan 2-0 dari Denmark, yang saat ini memimpin Grup 4 Liga A.

Swiss memulai pertandingan pertama mereka sejak kekalahan adu penalti dari Inggris di perempat final Euro 2024 pada Kamis malam, melawan Denmark di Liga Bangsa-Bangsa. Meskipun hampir berakhir imbang tanpa gol, Denmark mencetak dua gol dalam sepuluh menit terakhir untuk meraih kemenangan 2-0, menjadikan Swiss yang kehilangan Nico Elvedi dan Granit Xhaka diusir dari lapangan, berada di posisi dasar grup.

Pelatih Swiss, Murat Yakin, telah mengarahkan timnya untuk meraih poin pertama mereka di Grup 4 Liga A pada Minggu malam, sebelum kembali berlaga pada bulan Oktober melawan Serbia dan Denmark. Swiss sebelumnya mengalahkan Spanyol 2-1 dalam pertemuan terakhir mereka di Liga Bangsa-Bangsa pada September 2022, meskipun mereka hanya memenangkan dua dari 25 pertandingan sebelumnya melawan Spanyol sejak Juni 1925.

Sementara itu, pelatih Spanyol, Luis de la Fuente, mengungkapkan bahwa ia "tidak khawatir" dengan hasil imbang tanpa gol melawan Serbia, menyebutnya "seperti pertandingan pra-musim." La Roja menunjukkan performa lebih baik dalam laga tersebut tetapi gagal mencetak gol, meninggalkan mereka di posisi ketiga grup dengan satu poin.

Spanyol belum melewati babak 16 besar Piala Dunia sejak kemenangan mereka pada 2010, tetapi mereka memenangkan Piala Eropa musim panas ini dengan mengalahkan Inggris dan meraih kemenangan di Olimpiade Paris. La Roja juga merupakan juara Liga Bangsa-Bangsa, mengalahkan Kroasia di final Juni 2023, sehingga mereka berada dalam periode emas baru.

Spanyol tidak terkalahkan sejak kekalahan dalam laga persahabatan melawan Kolombia pada Maret, dan mereka belum kalah dalam pertandingan kompetitif sejak Maret 2023. Meskipun sulit untuk menarik kesimpulan dari pertandingan internasional pada tahap ini, Spanyol akan berusaha keras untuk kembali ke jalur kemenangan pada hari Minggu sebelum pertandingan ketiga mereka di grup melawan Denmark pada 12 Oktober.

Pelatih Swiss, Yakin, akan melakukan setidaknya dua perubahan untuk pertandingan ini karena Elvedi dan Xhaka diskors setelah kartu merah mereka melawan Denmark. Gregory Wuthrich dan Denis Zakaria diperkirakan akan menggantikan mereka, sementara sisanya kemungkinan akan tetap sama dengan tim yang bermain melawan Denmark.

Breel Embolo, yang telah mencetak 15 gol untuk negaranya, akan kembali memimpin serangan, dengan Fabian Rieder dan Ruben Vargas juga diharapkan beroperasi di area ofensif.

Di sisi lain, De la Fuente diperkirakan akan melakukan perubahan untuk pertandingan ini, di mana Pedri dan Alejandro Grimaldo kemungkinan akan dimasukkan ke dalam tim. Marc Cucurella dan Ayoze Perez bisa menjadi pemain yang akan dikeluarkan, sementara Dani Olmo mungkin dipindahkan ke posisi false nine, dengan Lamine Yamal dan Nico Williams melanjutkan di sayap.

Mikel Oyarzabal, yang mencetak gol kemenangan di final Euro 2024 melawan Inggris, juga menjadi pertimbangan De la Fuente untuk posisi serangan. David Raya diharapkan akan tetap sebagai penjaga gawang utama Spanyol, karena Unai Simon absen karena cedera.

Prakiraan Susunan Pemain :

  • Swiss: Kobel; Wuthrich, Akanji, Rodriguez; Widmer, Freuler, Zakaria, Aebischer; Rieder, Embolo, Vargas
  • Spanyol: Raya; Carvajal, Le Normand, Laporte, Grimaldo; Pedri, Zubimendi, Ruiz; Yamal, Olmo, N Williams