Bagikan:

JAKARTA - Striker tim nasional Spanyol Alvaro Morata ternyata mendukung pesaingnya, Italia, di penyisihan Euro 2024. Gara-garanya, istri dia, Alice Campello, berasal dari Italia, yaitu Venesia.

Spanyol yang diperkuat Morata dan Italia bergabung dalam satu grup di Euro 2024 yang digelar di Jerman. Berada di Grup B, La Roja dan Gli Azzurri bersaing dengan Kroasia dan Albania.

Ini jelas grup yang tak mudah bagi keduanya. Kroasia tidak sekadar kuda hitam tetapi Luka Modric dkk merupakan tim yang punya peluang lolos dai peyisihan grup.

Namun Morata meyakini Spanyol dan Italia yang lolos dari penyisihan grup. Tak hanya itu, keduanya bakal melangkah lebih jauh di Piala Eropa.

"Saya berharap Spanyol dan Italia yang lolos. Saya juga menambahkan, tim-tim yang lolos dari grup kami akan melangkah lebih jauh meski perjalanannya tidak mudah," kata Morata.

Meski menempatkan tim yang diperkuatnya dan Italia lolos ke babak knockout, namun Morata tetap memperhitungkan Kroasia dan Albania.

"Kroasia jelas lawan yang kompetitif. Mereka finis sebagai runner up dan kemudian menduduki peringat tiga pada dua edisi Piala Dunia terakhir. Kami memang pernah menyingkirkan mereka di Euro 2021. Tahun lalu, kami juga mengalahkan mereka di Nations League," ujar penyerang Atletico Madrid ini.

Morata yang juga pernah bermain di Juventus ini menuturkan bila Albania tetap tak bisa diremehkan. Tim bakal mengalami kesulitan bila melakukan kesalahan saat menghadapi mereka.

"Albania tim yang spektakuler. Yang penting jangan sampai kami membuat kesalahan. Bila salah sekecil apa pun, Anda bakal mendapat tekanan," kata dia lagi.

"Meski demikian Spanyol tetap tim besar. Italia sendiri memenangi Euro 2021. Grup ini memang berisi tim-tim kuat," ucapnya.

Morata memang memiliki ikatan dengan Italia. Bagamana tidak, dirinya pernah bermain untuk Juventus selama empat musim.

Hanya, penyerang berusia 3i ini bermain dua kali secara terpisah. Selain itu istrinya berasal dari Italia.

Morata terakhir kali membela Juve dengan status pinjaman dari Atletico. Usai masa peminjamannya berakhir, dia mendapat tawaran bermain di klub Serie A lain.

Namun setelah berdiskusi dengan pelatih Atletico Diego Simeone, eks striker Real Madrid ini memilih bertahan di Los Colchoneros dan memperpanjang kontrak hingga 2026.