Diimbangi Polandia, Rep. Ceko Tetap Berpeluang Lolos ke Jerman
Gelandang Rep. Ceko Tomas Soucek (kanan) merayakan gol yang menyamakan skor saat melawan Polandia di kualifikasi Euro 2024. (Twitter @EURO2024)

Bagikan:

JAKARTA - Rep. Ceko menjaga peluang lolos ke putaran final Euro 2023 setelah bermain imbang 1-1 melawan Polandia di pertandingan kualifikasi Grup E di Stadion National, Sabtu, 18 November dini hari WIB.

Hasil imbang Rep. Ceko tidak terlalu mengecewakan. Apalagi, mereka nyaris kalah di laga tersebut setelah tertinggal lebih dulu.

Tambahan satu poin menjadikan Rep. Ceko bertahan di peringkat dua dengan poin 12. Sementara, Polandia yang sudah menyelesaikan semua pertandingan kualifikasi menduduki posisi ketiga setelah mendapatkan 11 poin.

Meski gagal mendapatkan tiket ke putaran final secara otomatis, namun Polandia masih berpeluang lolos melalui babak playoff.

Rep. Ceko sendiri justru bersaing dengan Moldova yang bermain imbang 1-1 melawan Albania. Hasil imbang itu menjadikan Moldova yang menduduki peringkat empat mendapatkan poin 10. Atau terpaut dua poin dengan Rep Ceko.

Dengan hasil laga tersebut, hanya Albania yang sudah pasti mengantungi tiket ke putaran final. Albania yang menduduki puncak klasemen memiliki poin 14 dan tak bisa dikejar tim yang berada di peringkat tiga atau empat.

Sementara Rep. Ceko dan Moldova akan berebut tiket berikutnya. Kedua tim akan berduel memperebutkan tiket untuk mendampingi Albania, 21 November dini hari WIB.

Rep Ceko sedikit di atas angin karena laga digelar di kandang sendiri. Mereka juga hanya butuh hasil imbang untuk memastikan tiket ke putaran final.

Dalam pertandingan itu, Polandia yang kembali diperkuat Robert Lewandowski unggul lebih dulu di menit 38. Gol dihasilkan Jakub Piotrowski yang baru dua kali bermain untuk timnas Polandia.

Setelah gol itu, Polandia agak kesulitan menembus pertahanan Rep. Ceko. Sebaliknya tim tamu juga tak bisa mencetak gol sepanjang 45 menit babak pertama.

Namun di babak kedua, Rep. Ceo berhasil bangkit dan langsung membobol gawang tuan rumah. Sepakan Tomas Soucek sukses menyamakan skor di menit 49.

Tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 1-1 untk kedua tim bertahan sampai akhir laga.