Prediksi Kualifikasi Euro 2024 Polandia Vs Moldova: Butuh Kemenangan
Kapten Polandia Piotr Zielinski dkk saat merayakan gol. (Twitter @@LaczyNasPilka)

Bagikan:

JAKARTA -Polandia menargetkan kemenangan saat menjamu Moldova di pertandingan Grup E kualifikasi Euro 2024 di Stadion Narodowy, Senin, 16 Oktober dini hari WIB. Kemenangan di laga itu memungkinkan Polandia memburu Albania.

Polandia memiliki modal berharga sebelum meladeni Moldova. Kemenangan 2-0 atas Kep. Faroe telah mendongkrak kepercayaan diri pemain.

Pasalnya, Polandia memang butuh kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke putaran final.

Persaingan di grup itu, di luar perkiraan, lebih ketat. Albania yang menjadi kuda hitam justru berhasil mengganggu perseteruan Polandia dan Rep. Ceko.

Bagaimana tidak, Albania malah berhasil menduduki puncak klasemen dengan poin 13. Mereka, bahkan, hanya butuh satu kemenangan lagi untuk berangkat Jerman.

Sementara, Polandia yang menduduki peringkat dua berebut tiket dengan Ceko. Saat ini Polandia memiliki poin sembilan. Unggul satu poin dari Ceko yang berada di posisi tiga. Namun Ceko masih menyimpan satu pertandingan sisa.

Dengan posisi yang kurang nyaman karena adanya ancaman serius dari Ceko, maka Polandia harus memenangkan laga krusial melawan Moldova.

Persoalannya, Polandia kehilangan striker andalan Robert Lewandowski yang cedera engkel. Cedera itu menjadikan top scorer sepanjang masa Polandia ini harus menepi.

Ini menjadikan pelatih Michal Probierz berpikir keras mencari solusi lini depan. Saat melawan Faroe, eks pelatih Polandia U-21 yang menggantikan Fernando Santos ini menurunkan striker Juventus Arkadiusz Milik.

Hanya, Milik gagal menunjukkan ketajaman dan digantikan Adam Buksa yang kemudian mencetak gol kedua sekaligus memantapkan kemenangan Polandia.

Ketajaman Milik yang menurun menjadi problem saat tim kehilangan Lewandowski. Dari 11 laga Polandia, dirinya hanya mencetak satu gol.

Di laga melawan Moldova, Buksa pun diganjar menjadi starter untuk memberi kontribusi gol. Dirinya mendapat dukungan dari second striker Napoli Piotr Zielinski.

Di bawah mistar, kiper Wojciech Szczesny tetap menjadi pilihan pertama. Kiper Juve ini tetap mendapat pengawalan dari trio bek Tomasz Kedziora, Jakub Kiwior, dan Patryk Peda.

Moldova sesungguhnya menjadi tim nonunggulan di grup tersebut. Hanya, mereka juga mampu bersaing dengan tim-tim lain. Meski menempati peringkat empat, namun Moldova memiliki delapan poin.

Ini menunjukkan bila Moldova masih memiliki peluang lolos ke Jerman. Bila membuat kejutan dengan menundukkan tuan rumah, peta persaingan di grup itu pun bisa berubah. Mereka pun berharap Faroe bisa menganjal laju Ceko.

Di laga ini, pelatih Serghei Clescenco masih mengandalkan bek Arthur Craciun yang mendapat kartu merah dalam uji coba melawan Swedia. Sedangkan striker Ion Nicolaescu bakal menjadi ujung tombak.

Tak banyak perubahan yang dilakukan Clescenco di laga penting ini. Meski demikian, dia berharap tim bisa membuat kejutan di kandang Polandia.

Prakiraan Susunan Pemain

Polandia (3-4-2-1): Szczesny; Kedziora, Kiwior, Peda; Cash, D. Szymanski, Slisz, Frankowski; S. Szymanski, Zielinski; Buksa

Moldova (5-3-1): Railean; Revenco, Posman, Craciun, Marandici, Reabciuk; Platica, Baboglo, Moypan; Rata; Nicolaescu