Bagikan:

JAKARTA – Filipina menjadi satu-satunya tim yang dibandang sebelah mata kala tergabung di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tak heran, perjumpaan perdana di fase grup melawan Vietnam di Stadion Rizal Memorial pada Kamis, 16 November 2023, membuat Filipina inferior.

Meski bertindak sebagai tuan rumah, tetap saja Vietnam berada di atas angin untuk membawa pulang poin penuh. 

Sebagaimana diketahui, di Grup F bertengger Irak, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Irak menjadi tim yang difavoritkan tampil sebagai juara grup serta memastikan lolos ke putaran ketiga kualifikasi.

Lalu, untuk berebut pos runner-up, sejatinya Indonesia, Vietnam, dan Filipina yang masuk dalam bursa persaingan. Hanya saja, posisi Filipina ada di daftar terbawah dalam perebutan tempat kedua Grup F.

Melihat kondisi itu, Filipina selaiknya termotivasi. Laga kontra Vietnam menjadi langkah awal apakah mereka akan tetap menjadi pecundang atau malah kuda hitam.

Mereka rencananya akan membawa kapten Neil Etheridge bersama veteran seperti Manny Ott, Patrick Reichelt, Mike Ott, Kenshiro Daniels, OJ Porteria, dan Daisuke Sato.

Selain itu, Si Anjing Jalanan, julukan Filipina, juga membawa serta pemain belia Santiago Rublico. Pemain berusia 18 tahun itu saat ini memperkuat tim muda raksasa Spanyol, Atletico Madrid.

Sementara itu, kubu Vietnam di bawah asuhan Philippe Troussier tidak bisa memboyong bek berpengalaman Do Duy Manh. Pemain yang sudah punya 55 penampilan bersama Golden Star Warriors itu harus absen karena cedera.

Meski demikian, Vietnam akan diperkuat bek tengah Que Ngoc Hai dan Nguyen Tien Linh. Nama terakhir memiliki kesempatan menjadi pencetak gol terbanyak ketiga bagi negaranya jika bisa membobol gawang Filipina.

Selain tak diunggulkan di antara kontestan Grup F, pertemuan dengan Vietnam ternyata juga tak memihak Filipina.

Catatan mereka melawan Vietnam pada enam pertandingan terakhir benar-benar jauh dari mengesankan.

Terakhir kali Filipina tercatat membawa pulang kemenangan atas Vietnam ialah pada 2012 silam. Sejak itu, ada lima laga beruntun mereka selalu kalah melawan Golden Star Warriors.

Prakiraan Susunan Pemain

Filipina (4-3-3): Etheridge; Rublico, Rontini, De Murga, Sato; Manny Ott, Villanueva, Curran; Mike Ott, Porteria, Reichelt

Vietnam (4-3-3): Dang; Phan, Hai, Bui Tien, Xuan; Do, T. A. Nyugen, Vo; Pham, T. L. Nyugen, V. Nyugen