Bagikan:

JAKARTA - Bek Kiri Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, mengaku senang karena Skuad Garuda bisa melanjutkan langkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Namun, ia juga menyebut bahwa Skuad Garuda perlu sedikit keberuntungan untuk mengarungi fase tersebut.

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 baru akan bergulir pada 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025. Pada momen tersebut, perjuangan Timnas Indonesia jelas akan lebih berat mengingat lawan yang dihadapi merupakan negara-negara kuat di Asia seperti Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Iran, hingga Australia.

Calvin Verdonk menyebut bahwa Timnas Indonesia membutuhkan keberuntungan saat bertemu dengan tim-tim kuat demi menjaga peluang ke putaran final Piala Dunia 2026.

"Saya tidak tahu (siapa yang nantinya menjadi lawan). Mungkin Jepang dan Korea Selatan. Mereka adalah tim bagus," ujar Verdonk soal kemungkinan tim yang harus dihindari Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Jika kami ingin melaju lebih jauh ke Piala Dunia 2026, kami butuh sedikit keberuntungan tentang lawan yang akan dihadapi," ucap Verdonk dalam keterangannya selepas laga kontra Filipina.

Meski dalam perjalanan ke depan lebih berat, pemain NEC Nijmegen itu mengaku tidak gentar. Dia merasa Timnas Indonesia tak akan inferior di hadapan tim-tim kuat Asia yang menjadi langganan Piala Dunia.

"Tentu kita harus lihat dulu akan melawan siapa nanti. Saya percaya diri tentang ini. Kita lihat saja nanti," tutur Verdonk.

Pada putaran ketiga nanti, hanya tim juara dan runner-up grup yang otomatis lolos ke Piala Dunia 2026 alias cuma ada empat slot. Sementara peringkat ketiga dan keempat klasemen harus menjalani kualifikasi putaran keempat memperebutkan dua tiket tersisa.